9 Cara Mudah Menambah Berat Badan Secara Alami

Ilustrasi-Kehilangan berat badan. (foto: gemapos/pixabay)
Ilustrasi-Kehilangan berat badan. (foto: gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketika tidak sedikit orang yang ingin memiliki tubuh ideal atau langsing, Namun, tidak sedikit orang juga yang ingin menambah berat badan. Sebab, tidak hanya obesitas, berat badan yang terlalu rendah juga tidak baik untuk kesehatan.

Ada beberapa resiko kesehatan yang tidak baik karena berat badan yang terlalu rendah, seperti kerontokan rambut, tubuh yang sering kelelahan, penurunan kesuburan, hingga kesehatan gigi yang buruk.

Seseorang yang mempunyai berat badan terlalu rendah juga memiliki resiko yang tinggi seperti penyakit osteoporosis, gangguan kekebalan dan masalah hormon. Bahkan, mereka juga beresiko mengalami kematian akibat malnutrisi.

Menurut halodoc, jika ingin menambah berat badan hingga lebih ideal, bisa mencoba beberapa cara penambah berat badan yang sehat dan alami seperti cara tersebut:

1. Rutin Berolahraga

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga juga bisa jadi salah satu untuk menambah berat badan yang sehat dan alami. Studi dalam Journal of Obesity menemukan bahwa olahraga lari juga bisa meningkatkan berat badan sebanyak 0.003 persen dari total keselurahan berat badan perminggu.

2. Tingkatkan Asupan Kalori

Hal terpenting untuk menambahkan berat badan adalah menambah asupan kalori. Kamu bisa mengkonsumsi 300 sampai 500 kalori perharinya. Namun, jika ingin lebih cepat untuk menambah berat badan, kamu bisa mentargetkan 700 sampai 1.000 kalori.

3. Berhenti Merokok

Cara menambah berat badan juga bisa dengan berhenti merokok. Sebab, rokok mengandung nikotin yang dapat memperburuk sirkulasi hormon dalam tubuh dan menurunkan nafsu makan.

4. Tingkatkan Asupan Protein

Cara menambah berat badan yang keempat yaitu dengan meningkatkan asupan protein. Nutrisi dari sumber hewani sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan, perkembangan dan Kesehatan tubuh yang optimal.

Asupannya berkisar antara 1,0 sampai 1,6 gram protein per-kilogram berat badan perharinya. Agar cara berikut lebih maksimal, kamu bisa mengimbangi dengan cara olahraga. Makanan untuk meningkatkan protein seperti daging, ikan, telur, susu, polong – polongan dan kacang – kacangan.

5. Makan secara Teratur

Cara ini sangat penting untuk menambah / mempertahankan berat badan, makan teratur setiap hari dan pastikan pada jam yang sama. Cara ini dapat membantu kamu mendapatkan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah ini juga dapat mendukung tubuh lebih sehat.

6. Konsumsi Cemilan Sehat

Konsumsi cemilan sehat diantara waktu makan. Contoh cemilan asupan tinggi kalori dan kaya nutrisi seperti coklat hitam, buah, roti gandum dan yoghurt.

Selain cemilan tersebut, ada pun cemilan tinggi lemak jenuh dan kolestrol seperti gorengan. Sebab, makanan tersebut meningkatkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker.

7. Makan dengan Porsi Kecil

Jika tidak terbiasa makan dengan teratur, kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil, tapi sering. Bisa dilakukan sebanyak 5 sampai 6 kali perhari.Cara ini bisa menambah kalori tanpa merasa kekenyangan seperti porsi lebih banyak dalam satu kali makan.

8. Minum Smoothie atau Shake

Pilihlah bahan berkalori tinggi dan padat nutrisi, seperti kacang, buah – buahan, susu, yoghurt, biji – bijian dan bayam.

9. Banyak Minum Air dan Susu

Selain air, susu juga menjadi minuman untuk menambah berat badan. Pilih produk susu segar atau produk turunannya seperti yoghurt. Sebagai teman minum susu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah – buahan seperti kelompok buah beri. (na)