Peduli Lingkungan Pesisir, Peradah Sulsel Tanam Mangrove di Untia

DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan melakukan penanaman pohon Mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia Makassar pada Minggu (5/5/2024) pagi. (gemapos)
DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan melakukan penanaman pohon Mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia Makassar pada Minggu (5/5/2024) pagi. (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Organisasi kepemudaan Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulawesi Selatan melakukan penanaman pohon Mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia Makassar pada Minggu (5/5/2024) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian pelaksanaan musyawarah daerah atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan yang puncaknya akan dilaksanakan pada 18-19 Mei 2024.

Ketua DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan Putu Nopa Gunawan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian lingkungan pesisir dari ancaman abrasi dan sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim dimasa mendatang khususnya pemanasan global.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda Hindu Sulsel terhadap lingkungan dan juga menumbuhkan nilai kepemimpinan Green Leadership untuk menjadi pemimpin yang peduli terhadap kelestarian alam,” ujar Nopa dalam keterangannya.

Nopa juga berharap kegiatan ini akan membawa dampak yang positif untuk alam khususnya lingkungan pesisir seperti menjadi tempat edukasi dan ekowisata yang lebih baik lagi serta mencegah terjadinya abrasi.

“Kami berharap tempat ini menjadi tempat edukasi dan ekowisata alam bagi masyarakat Kota Makassar khususnya, dan yang lebih penting Mangrove ini akan membawa dampak pada lingkungan seperti mencegah abrasi, menjaga kualitas air, menghasilkan oksigen dan menjadi tempat hidup berbagai habitat makhluk hidup,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lokasabha Gede Jarika, menjelaskan bahwa ada sebanyak 700 pohon Mangrove yang ditanam pada kegiatan ini.

“Ada 700 pohon yang kita tanam, merupakan dukungan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Jeneberang-Saddang Kementerian LHK, penanaman juga didukung oleh teman-teman Mahasiswa Hindu KMHDI, masyarakat Untia dan teman-teman pencinta alam,” ujarnya.

Jarika juga menjalaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini menjadi rangkaian awal dari pelaksanaan Musda atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulawesi Selatan dan masih ada kegiatan lain yang akan digelar oleh panitia.

“Minggu depan kita akan adakan kegiatan sosial Donor Darah, kemudian ditanggal 18 Mei kita akan gelar Seminar Kepemimpinan dengan narasumber yang ahli pada bidangnya masing-masing, dan puncaknya dilaksanakan kegiatan sidang Lokasabha XII,” pungkas Jarika. (rk)