Kamu Harus Tahu! Ini 4 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan

Ilustrasi- Telur Ayam Kampung (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Telur Ayam Kampung (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Telur ayam kampung dihasilkan oleh ayam kampung yang hidup secara bebas di alam. Telur ayam kampung dipercayai oleh sebagian orang lebih sehat dan bergizi daripada telur ayam negeri. 

Penelitian dari North Carolina University, memperlihatkan bahwa telur ayam kampung lebih banyak mengandung lemak tidak jenuh daripada telur ayam negeri. Tetapi, jumlah kolesterol, vitamin E, dan vitamin A dari kedua jenis telur tersebut cenderung masih dalam persamaan. 

Telur ayam kampung bermula dari seekor ayam yang memakan - makanan alami, seperti dedak, jagung, serangga, biji – bijian, dan beras. Sehingga, manfaatnya mampu menjaga kesehatan tulang, otak, dan membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Hal itu dikutip dari halodoc pada Selasa (12/11).

Kandungan Nutrisi dari Telur Ayam Kampung

Jumlah 100 gram telur ayam kampung mengandung:

Selain itu, telur ayam kampung juga mempunyai kandungan pigmen carotenoid yang bersifat antioksidan yang pada umumnya terdapat di sayuran hijau, seperti lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan

1. Menjaga Kekuatan Tulang

Kandungan vitamin D yang ada di dalam telur ayam kampung mampu menjaga kekuatan tulang. Menurut studi ilmiah yang berjudul Calcium and Phosphate Homeostasis yang diterbitkan kepada Endotext Publisher, kandungan vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium usus. 

Selain itu, studi tersebut juga mejelaskan kalau vitamin D mempunyai peran yang penting dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh. Keduanya merupakan mineral esensial untuk proses pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat. 

2. Menurunkan Kolesterol

Kandungan kolesterol telur ayam kampung lebih rendah dari pada telur konvensional. Telur biasa mempunyai kandungan 423 miligram kolesterol, sedangkan telur ayam kampung hanya memiliki 277 miligram kolesterol. 

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan protein dan lemak baik yang ada di dalamnya, telur ayam kampung mampu mempertahankan berat badan yang ideal, karena dapat membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

4. Menjaga Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengolah memori akan terus menurun. Kandungan omega-3 yang ada di dalam telur ayam kampung mampu memperlambat kerusakan tersebut.(nd)