Tak Terduga! Ternyata Ini 5 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah

Ilustrasi- Wanita yang menempelkan es batu ke kulit wajahnya (foto gemapos/istock)
Ilustrasi- Wanita yang menempelkan es batu ke kulit wajahnya (foto gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Es batu, selain untuk menyegarkan tenggorokan, es batu juga bisa menjadi untuk perawatan kulit wajah, lho!

Tidak hanya untuk menyegarkan saat cuaca panas terik, es batu juga bisa menjadi salah satu cara perawatan wajah untuk memiliki kulit wajah yang cantik dan dapat membantu permasalahan kulit wajah. 

Menurut halodoc, berikut dibawah ini manfaat es batu yang dapat membantu mengatasi beberapa kondisi wajah:

1. Mencerahkan Wajah

Menggunakan es batu saat pagi hari dapat memberikan manfaat kulit tampak cerah dan bercahaya. Karena, bahan dari es batu tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. 

Selain itu, es batu juga bisa membantu mengurangi stress. Kamu bisa gunakan sebelum kamu memulai make-up pada wajah.

2. Membersihkan Pori – Pori Wajah

Salah satu akibat munculnya jerawat akibat pori – pori kulit tersumbat. Selain itu, banyaknya kotoran dan sel kulit mati juga bisa membuat wajah terlihat menjadi kusam dan tidak segar. 

Oleh karena itu, coba diatasi menggunakan es batu. Karena, bahan tersebut dapat membantu membersihkan kulit hingga ke dalam pori – pori. 

3. Mengatasi Jerawat

Saat kulit muncul jerawat, biasanya kulit mengalami peradangan atau inflamasi. Maka dari itu, es batu dapat membantu meringankan bengkak, nyeri, dan kemerahan pada wajah. 

Selain itu, es batu juga mampu mendorong kotoran naik hingga ke permukaan kulit. Ukuran jerawat secara perlahan akan mengecil hingga hilang sepenuhnya. Kamu bisa gunakan es batu dengan cara mengompres area wajah yang muncul jerawat. 

4. Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Es batu juga mampu membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Caranya cukup mudah, oleskan es batu pada area wajah dan memijatnya pada malam hari sebelum tidur. 

Tetapi, manfaat yang satu ini belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah, hingga memperlukan studi lebih lanjut tentang hal tersebut. 

5. Menyamarkan Kantung Mata

Manfaat es batu yang terakhir dapat membantu menyamarkan kantung mata. Caranya, gunakan es batu sebelum tidur mampu membantu meringankan kondisi tersebut.

Cukup kompres mata dengan es batu, pijat secara perlahan sehingga rasa dingin dari es batu bisa memasuki kulit dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada area tersebut.(nd)