5 Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit di Rumah dengan Aman

Ilustrasi Seseorang Melakukan Eksfoliasi Wajah (Foto: Gemapos/Jovee)
Ilustrasi Seseorang Melakukan Eksfoliasi Wajah (Foto: Gemapos/Jovee)

Gemapos.ID (Jakarta) - Eksfoliasi adalah perawatan kulit untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan debu kotoran yang menempel di permukaan kulit. Perawatan wajah tersebut bermanfaat untuk meningkatkan pada penampilan kulit dan mendorong sirkulasi yang baik sehingga wajah tampak lebih cerah dan sehat.

Kamu bisa mencari bermacam – macam produk eksfoliasi dengan mudah. Sehingga sekarang ini, kamu bisa melakukan perawatan tersebut di rumah.

Eksfoliasi memiliki dua cara yang berbeda, yaitu mekanis dan kimiawi. Eksfoliasi wajah dengan cara mekanis memakai alat seperti sikat atau spons dan scrub cara eksfoliasi secara fisik. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Agar tidak merusak kulit, berikut langkah – langkah eksfoliasi yang aman, menurut halodoc:

1. Pertimbangkan Skincare yang Dipakai

Ada beberapa produk yang bisa mengakibatkan kulit menjadi sensitive atau mengelupas. Contohnya, krim retinoid resep dari dokter atau produk yang memiliki kandungan retinol atau benzoil peroksida.

Cara eksfoliasi wajah saat menggunakan produk tersebut dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, bahkan mengakibatkan timbul jerawat.

2. Pilih Cara Eksfoliasi Wajah sesuai Jenis Kulit

Bagi yang memiliki jenis kulit kering, gunakan langkah eksfoliasi kimiawi. Karena, mengangkat kulit mati dengan cara mekanis bisa mengakibatkan bahkan memperburuk iritasi.

Bagi pemilik jenis kulit sensitive, perlu menggunakan bahan kimia yang ringan untuk eksfoliasi kulit.

Pemilik jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat, gunakan langkah enksfoliasi scrub atau eksfoliator agar bisa memberikan manfaat yang optimal.

Pemilik jenis kulit normal bisa menggunakan cara apa saja saat ingin melakukan eksfoliasi, baik mekanis maupun kimiawi.

Terakhir, pemilik jenis kulit kombinasi perlu gunakan kombinasi cara eksfoliasi wajah mekanis atau kimiawi. Tetapi, jangan gabungkan kedua cara tersebut sekaligus pada hari yang sama, karena dapat mengakibatkan iritasi kulit.

3. Eksfoliasi dengan Lembut

Jika eksfoliasi menggunakan scrub atau eksfoliator kimia, aplikasikan produk tyang dipakai secara lembut caranya seperti gerakan melingkar kecil.

Lakukan cara tersebut selama 30 detik, lalu bilas dengan air yang hangat (bukan air panas). Jika menggunakan alat sikat atau spons, gunakan alat tersebut dengan cara sapuan ringan yang pendek.

4. Gunakan Pelembab setelah Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, jangan lupa pakai pelembap setelah melakukan eksfoliasi agar menjaga kulit tetap sehat dan teridrasi.

5. Pertimbangkan Jadwal Eksfoliasi yang Tepat

Untuk mengetahui harus seberapa sering melakukan eksfoliasi tergantung pada jenis kulit dan langkah yang digunakan.

Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kulit menjadi merah dan iritasi. (na)