Resep Spaghetti Carbonara: Kelezatan Klasik Italia

Ilustrasi- Spaghetti Carbonara (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Spaghetti Carbonara (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Spaghetti carbonara adalah salah satu hidangan klasik Italia yang terkenal dengan cita rasa krimi, gurih, dan lezatnya. Berasal dari daerah Lazio di Italia, hidangan ini terdiri dari spaghetti yang dilumuri saus berbahan dasar telur, keju parmesan, pancetta (atau guanciale), lada hitam, dan parsley. Berikut adalah resep lengkap untuk memasak spaghetti carbonara yang autentik dan memikat selera:

Bahan-bahan

  • 350 gram spaghetti
  • 150 gram pancetta atau guanciale, potong dadu kecil
  • 3 butir telur
  • 100 gram keju parmesan, parut
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam secukupnya
  • Daun parsley segar, cincang halus untuk hiasan

Instruksi

  1. Rebus Spaghetti: Didihkan air dalam panci besar. Tambahkan sedikit garam ke dalam air. Masukkan spaghetti dan masak hingga al dente sesuai petunjuk kemasan. Setelah matang, tiriskan spaghetti dan sisihkan sekitar 1/2 gelas air rebusan.
  2. Tumis Pancetta/Guanciale: Panaskan wajan dengan sedikit minyak zaitun. Tumis pancetta atau guanciale dengan api sedang hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Tambahkan bawang putih cincang dan masak sebentar hingga harum. Matikan api dan sisihkan.
  3. Campur Telur dan Keju: Dalam mangkuk besar, kocok telur hingga rata. Tambahkan keju parmesan parut dan lada hitam secukupnya. Aduk hingga tercampur homogen. Pastikan untuk tidak berlebihan saat menggunakan lada hitam.
  4. Gabungkan Semua Bahan: Setelah spaghetti sudah di tiriskan, masukkan ke dalam mangkuk dengan campuran telur dan keju. Aduk cepat dan rata untuk melapisi spaghetti dengan saus telur.
  5. Tambahkan Pancetta/Guanciale: Tuangkan pancetta atau guanciale yang sudah ditumis ke dalam mangkuk berisi spaghetti. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Sajikan: Sajikan spaghetti carbonara di piring saji. Taburi dengan daun parsley cincang sebagai hiasan. Tambahkan lada hitam secukupnya sesuai selera.

Spaghetti carbonara terbaik disajikan hangat segera setelah dimasak. Rasakan kenikmatan rasa krimi dan gurih dari saus telur dan keju yang melapisi setiap helai spaghetti. Hidangan ini cocok dinikmati sebagai makan malam spesial bersama keluarga atau teman-teman, disertai dengan segelas anggur putih atau merah yang sesuai.

Nikmati kelezatan klasik Italia dengan resep spaghetti carbonara yang mudah ini. Selamat mencoba dan semoga menjadi hidangan favorit di rumah Anda!(ri)