Waspada, Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM

Ilustrasi kosmetik berbahaya (foto : Gemapos.)
Ilustrasi kosmetik berbahaya (foto : Gemapos.)

Gemapos.ID (Jakarta) – Kosmetik dan Skincare saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi perempuan untuk merawat diri. Namun, kamu perlu tahu bahwa tidak semua kosmetik atau skincare aman untuk digunakan. Agar tidak salah dalam memilih produk untuk perawatan kulit, sebaiknya kenali terlebih dahulu ciri-ciri kosmetik yang berbahaya menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berikut ini.

Saat ini penggunaan kosmetik dan skincare kian meningkat terutama pada kaum hawa. Berbagai klaim tentang khasiat, kemudahan dalam mendapatkan, serta harga merupakan daya tariknya. Namun, anda juga harus berhati-hati dan waspada sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik tertentu. Jangan tergiur dengan harga murah, namun ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kulit dan kesehatan anda.

Untuk itu, berikut adalah ciri-ciri kosmetik yang berbahaya menurut BPOM yang patut anda tahu :

1. Tidak mencantumkan Izin Edar

Setiap produk yang dijual dipasaran memilki izin edarnya masing-masing, baik produk makanan, obat atau bahkan kosmetik maupun skincare.  Jika sebuah produk tidak memiliki izin edar maka produk tersebut tidak terjamin keamanan, manfaat serta mutunya.  

2. Terasa Lengket

Jika anda menggunakan kosmetik yang cenderung lengket dan susah untuk diserap kulit, maka anda patut hati-hati. Karena itu, sebelum membeli sebuah kosmetik sebaiknya  mencoba produk tersebut terlebih dahulu di area kecil kulit seperti area belakang telinga atau area punggung tangan sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah.  

3. Mengandung bahan berbahaya atau dilarang

Ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM selanjutnya adalah mengadung bahan berbahaya atau dilarang. Bahan-bahan berbahaya tersebut seperti merkuri, hidrokinon, tretinoin atau asam retinoat dan bahan lainnya yang berbahaya dan dilarang untuk ditambahkan ke dalam kosmetik.  

4. Memiliki bau seperti logam (berbau logam)

Jika kosmetik yang anda beli berbau logam, itu menandakan bahwa kosmetik tersebut mengandung merkuri. Bahkan ada juga produsen yang nakal, menambahkan pewangi untuk menyamarkan bau logam merkuri yang ada di dalam kosmetik tersebut.  

5. Berubah warna menjadi gelap

Dilansir dari Women’s Health, kosmetik yang mengandung merkuri cenderung akan berubah warna menjadi abu-bu gelap atau hijau gelap saat terpapar sinar matahari

Jika hal tersebut terjadi pada kosmetik atau skincare anda, segera hindari pemakain berlanjut untuk tidak menimbulkan efek berbahaya pada kulit.  

6. Kosmetik Palsu atau tiruan

Peredaran kosmetik palsu makin marak. Kosmetik palsu atau tiruan adalah produk yang diproduksi oleh pihak yang tidak berhak dan melakukan penandaan meniru identitas kosmetik  lain yang sudah memiliki izin. Untuk itu jangan sembarangan dalam membeli kosmetik. Belilah kosmetik pada official store yang asli.  

7. Memiliki tekstur yang kasar

Kosmetik yang mengandung merkuri umumnya memiliki tekstur yang kasar, lengket dan sulit untuk diserap, dan sulit menyatu dengan kulit. Hal itu disebabkan karena zat berbahaya seperti merkuri sulit menyatu dengan minyak yang diproduksi alami oleh kulit wajah.

Itulah ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM. Untuk itu kenali dan hindari penggunaanya. (kt)