6 Manfaat Makan Buah Mangga untuk Tubuh Kita

Ilustrasi Buah dan Jus Mangga (Foto: Gemapos/Orami)
Ilustrasi Buah dan Jus Mangga (Foto: Gemapos/Orami)

Gemapos.ID (Jakarta) – Buah mangga adalah buah – buahan yang berasal dari pohon mangga (Mangifera indica), pohon tersebut dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, seperti di Indonesia. Dalam buah mangga terdapat kandungan amilase yang fungsinya untuk membnatu melarutkan makanan yang ada di perut dan memecah karbohidrat komplek yang cenderung susah untuk dicerna.

Dalam satu buah mangga memiliki berat 156 gram dan terdapat 67 persen kandungan vitamin C, angka tersebut bisa dibilang tercukupi untuk nutrisi harian pada tubuh.

Dilansir oleh berbagai sumber, jika kita rajin mengkonsumsi buah mangga juga bisa mendapatkan benefit kesehatan. Seperti, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan masih banyak benefit yang lainnya seperti dibawah ini:

1. Mendukung Kesehatan Mata

Buah mangga mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin, kandungan tersebut penting untuk kesehatan mata. Kedua nutrisi tersebut bertindak sebagai tabir surya alami yang bekerja untuk penyerapan cahaya berlebih dari matahari dan untuk melindungi kedua mata dari cahaya biru yang berasal dari elektronik. 

2. Rendah Kalori

Buah mangga bisa menjadi pilihan jus yang rendah kalori, bagi yang sedang menjalani diet bisa mengkonsumsi jus buah mangga ini. Karena, satu gelas (162 gram) jus mangga yang segar hanya mengandung kurang dari 100 kalori.

3. Mencegah Diabetes

Tidak ada peneliti yang membuktikan kalau buah mangga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Karena, buah mangga mempunyai citra rasa manis yang berasal dari kandungan gula alaminya.

Satu buah mangga yang berukuran kurang lebih 165 gram dapat mengandung 22 gram gula yang alami.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah mangga juga mengandung nutrisi magnesium dan potasium, khasiat dari kedua nutrisi tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan dapat mengatur denyut nadi. Selain itu, kandungan dari magnifernya juga bisa meminimalisir peradangan pada jantung.

5. Mencegah Radikal Bebas

Buah mangga mempunyai tujuh jenis zat antioksidan. Zat – zat tersebut berfokus pada daging, kulit, hingga inti bijinya. Antioksidannya mampu melindungi sel – sel pada tubuh dari radikal bebas.

Diantara dari tujuh zat antioksidan tersebut, ada salah satu jenis yang paling kuat dari pada yang lain, yaitu magniferin. Dari dalam sebuah penelitian, zat tersebut mampu melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

6. Padat Nutrsi

Satu cangkir (165 gram) olahan mangga yang dibuat menjadi minuman sehat, mampu melengkapi 10 persen kebutuhan vitamin A harian. Dari keseluruhan tersebut, mampu untuk menjaga imun pada tubuh agar terhindar dari infeksi.

Buah asli asal Asia Selatan ini juga dapat melengkapi 75 persen kebutuhan vitamin C harian. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah mangga, seperti folat, vitamin E, dan vitamin B. (na)