Polresta Jayapura Siapkan 1.500 Personel Kawal Pemakaman Lukas Enembe

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor D. Mackbon. (gemapos/Media Polri)
Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor D. Mackbon. (gemapos/Media Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) Polresta Jayapura Kota siapkan 1.500 personel gabungan untuk menyambut dan mengawal serta memberikan pengamanan terhadap jenazah Mantan Gubernur Papua Almarhum Bapak Lukas Enembe, S.I.P., M.H.

Kapolresta Jayapura Kota menerangkan, jenazah Almarhum akan tiba pukul 09.00 WIT dan akan di semayamkan di daerah Stakin Sentani dan dimakamkan di Koya Tengah Distrik Muara Tami pada Kamis (28/12/2023).

“Dari sana jenazah Almarhum akan di bawa ke Koya Tengah di kediamannya, yang mana kami juga akan melakukan pengamanan agar prosesi dapat berjalan dengan khidmat, baik dan juga tertib,” ujar Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si.

Ribuan personel TNI-Polri tersebut ditempatkan di sejumlah ruas jalan yang akan dilewati iring-iringan mobil jenazah dan masyarakat yang melayatnya sejak dari STAKIN Sentani, tempat ibadah pelepasan jenazah.

"Saat ini personel sudah disiagakan guna mengamankan rute yang akan dilewati," lanjutnya.

Pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan instansi terkait, sistem pengamanan harus dipersiapkan sesuai dengan situasi kondisi rangkaian tahapan kegiatan prosesi pemakaman tersebut.

Kapolresta juga menambahkan bahwa pihaknya membutuhkan dukungan dan peran serta dari para tokoh yang ada di papua yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat guna menyampaikan kepada masyarakat agar penyampaian bela sungkawa bisa berjalan tertib, menghentikan segala aktifitas untuk menghormati jasa Almarhum.

“Tentunya ini menjadi rasa duka cita kita semua masyarakat papua terhadap almarhum jadi pastinya akan banyak masyarakat yang akan menyambut almarhum dalam penjemputan di bandara sentani hingga ke peristirahatan terakhir di kediaman almarhum di koya tengah,” kata Kapolresta.

“Kita berharap tidak ada penumpukan di sepanjang jalan dengan waktu yang cukup lama, jadi kami menghimbau kepada warga masyarakat agar aktivitas juga bisa dihentikan sementara untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum,” pungkasnya. (ns)