DKI Jakarta Bakal Pasang 1.075 PJU Smart LED di Titik Jalan Ini

Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan memasang sebanyak 1.075 PJU smart LED baru di titik-titik jalan arteri maupun kolektor. (foto: gemapos/BeritaJakarta)
Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan memasang sebanyak 1.075 PJU smart LED baru di titik-titik jalan arteri maupun kolektor. (foto: gemapos/BeritaJakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan memasang sebanyak 1.075 lampu penerangan jalan umum (PJU) smart LED baru di titik-titik jalan arteri maupun kolektor.

Pemasangan PJU akan menyesuaikan dengan trotoar yang akan dibangun tahun ini seperti di Jalan HR Rasuna Said sisi Barat, Jalan MT Haryono sisi Utara, dan Jalan Taman Jati Baru.

“Dibangun secara berbarengan dengan pembangunan trotoar tahun ini. Target dimulai pembangunan April 2024 mendatang,” ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, PJU yang akan dibangun ditopang tiang setinggi 10 meter dengan dengan jarak antar tiang 30 meter dan daya lampu sebesar 120 watt.

Diketahui bahwa PJU tersebut akan dibangun dengan tiga tipe yakni, PJU tiang cabang satu, cabang dua (median jalan) dan tiang gendong (pedestrian). Sehigga, lampu pada PJU tersebut akan mencahayai jalan sekaligus trotoar/pedestrian.

Sementara itu, desain PJU menggunakan ornamen gigi balang yang mengusung kearifan lokal sesuai dengan wilayah lokasi keberadaan PJU tersebut. Selain lebih hemat energi karena menggunakan lampu LED, PJU yang akan dibangun bakal mendukung estetika kota.

“Desain lampu sudah standar, tiangnya sekarang sudah putih ditambah ornamen gigi balang menyesuaikan kearifan lokal demi menambah estetika kota. Seperti di daerah pesisir ada ornamen perahu, di JIS ada ornamen orang menendang bola,” tandas Heru. (kt)