Bertemu KPU, KMHDI Dorong Sosialisasi Sadar Pemilu di Daerah Transmigrasi Hindu

Pimpinan Pusat KMHDI bertemu dengan KPU RI, Selasa (23/1/2024). (gemapos)
Pimpinan Pusat KMHDI bertemu dengan KPU RI, Selasa (23/1/2024). (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) – Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk manfaatkan siswa waktu yang ada untuk melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2024 di wilayah transmigrasi khususnya yang mayoritasnya dihuni oleh masyarakat Hindu. Hal tersebut disampaikan oleh KMHDI saat diterima di kantor KPU RI, Selasa (23/1/2024).

Wilayah transmigrasi, tempat masyarakat melakukan relokasi untuk mendorong pembangunan dan mengurangi kepadatan penduduk di wilayah tertentu, seringkali menghadirkan tantangan unik dalam hal akses terhadap informasi. Menyadari hal tersebut, KMHDI mendorong agar KPU memperluas jangkauan sasarannya dan memastikan agar umat Hindu di wilayah transmigrasi mendapatkan informasi yang baik terkait proses Pemilu 2024 dan hak pilih mereka.

Sekretaris Jendral PP KMHDI Teddy Chrisprimanata Putra, menekankan pentingnya inklusivitas dalam kesadaran pemilu demi terwujudnya pemilu yang damai, sehat, jujur dan adil untuk meningkatkan kualitas demokrasi diIndonesia.

"Inklusivitas dalam proses demokrasi khususnya dalam Pemilu 2024 sangat penting untuk dihadirkan. Setiap warga negara memiliki hak yang sama, tidak peduli latar belakang mereka, sehingga penting untuk menyentuh masyarakat Hindu di wilayah transmigrasi dalam konteks Pemilu 2024,” terang Teddy. 

Teddy juga mendorong KPU untuk terus berkolaborasi dengan organisasi Hindu setempat, tokoh masyarakat, lembaga pendidikan, termasuk juga dengan KMHDI dalam upaya untuk menyebarkan informasi secara efektif mengenai Pemilu mendatang. 

“Sejauh ini kolaborasi sudah terjalin antara KPU dan KMHDI, tentu harapan kami kolaborasi ini terus berjalan. Tidak hanya dalam Pemilu dan Pilkada, tetapi juga dalam upaya peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia, mengingat Indonesia meyakini sistem demokrasi adalah sistem yang tepat dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa,” jelas Teddy. 

Selain mendorong KPU agar melaksanakan sosialisasi Pemilu 2024 hingga ke wilayah-wilayah transmigrasi masyarakat Hindu seluruh Indonesia. KMHDI juga berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mengawal segala proses pelaksanaan pemilu 2024 ini sampai tuntas, demi terwujudnya pesta demokrasi yang berintegritas. 

“KMHDI akan terus berkomitmen dalam mengawal segala proses pesta demokrasi ini hingga tuntas, demi terwujudnya pemilu 2024 yang sehat, jujur, adil dan damai. Berbagai kegiatan dan seruan terus kami lakukan untuk mengawal proses demokrasi, karena kami menyadari untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas dan berintegritas harus berangkat dari kebersamaan seluruh komponen bangsa,” tutup Teddy. (ns)