PJ Gubernur DKI Jakarta Uji Coba LRT Jabodebek

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjajal Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jumat (25/8/2023). (foto:gemapos/antara)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjajal Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jumat (25/8/2023). (foto:gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menguji coba kesiapan pengoperasian Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.

Heru pada Jumat (25/8/2023) mengajak jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, mulai dari wali kota hingga personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) naik LRT Jabodebek.

"Yang pertama, tadi malam dapat surat dari Menhub (Menteri Perhubungan) untuk Pemda DKI untuk bisa uji coba yang kesekian kali, sebelum nanti Bapak Presiden 28 Agustus meresmikan," kata Heru di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Heru bersama para petugas PPSU hingga petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) menjajal LRT Jabodebek ini agar bisa menggunakan LRT Jabodebek sebagai alat transportasi sehari-hari.

Selain sejumlah personel PPSU atau dikenal dengan sebutan "pasukan oranye" dan personel Dinas SDA atau "pasukan biru', Heru juga mengajak personel Dinas Bina Marga atau "pasukan kuning" serta personel Dinas Pertamanan dan Hutan Kota atau "pasukan hijau".

"Mereka bisa bekerja menggunakan transportasi umum antara lain LRT," ujar Heru.

Heru bersama rombongan berangkat dari Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat, menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat. Adapun pengecekan tersebut mulai dari ketepatan waktu hingga akses pintu masuk.

Selain Heru, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah melakukan peninjauan terkait kesiapan layanan LRT Jabodebek pada Selasa (22/8).

Menhub bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, menaiki LRT dari Stasiun LRT Dukuh Atas menuju Stasiun Halim dan menggelar rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan.

Usai rapat, Menhub melanjutkan perjalanan ke Stasiun LRT Cikoko Cawang.

“Kami menjajal kembali LRT hari ini dan laju kereta berjalan mulus. Saya berhenti di Stasiun LRT Cikoko, di sini diproyeksikan akan sangat ramai karena merupakan perlintasan antar moda seperti TransJakarta dan KRL Jabodetabek,” kata Menhub. (rk)