Berikut Cerita Kemenhub Tentang Perkembangan Terkini Operasional LRT

"Sementara 2023 selesaikan persiapan operasionalnya kita bisa uji coba mungkin dari Depok ke Jakarta, Bekasi ke Jakarta dengan headway longgar, uji coba, mungkin bulan Maret," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Kamis (3/11/2022).
"Sementara 2023 selesaikan persiapan operasionalnya kita bisa uji coba mungkin dari Depok ke Jakarta, Bekasi ke Jakarta dengan headway longgar, uji coba, mungkin bulan Maret," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Kamis (3/11/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan beroperasi mulai Juni 2023. Kebijakan ini akan diawali dengan ujicoba oleh masyarakat pada Maret 2023.

"Sementara 2023 selesaikan persiapan operasionalnya kita bisa uji coba mungkin dari Depok ke Jakarta, Bekasi ke Jakarta dengan headway longgar, uji coba, mungkin bulan Maret," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Kamis (3/11/2022). 

Namun, Kemhub belum bisa menjawab berapa besar tarif LRT lantaran ini belum dibicarakan dengan mitranya yakni Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator. 

Hal yang sama juga saat ditanya penyebab biaya pembangunan LRT di Jabodebek membengkak sebesar Rp2,6 triliun menjadi Rp32,5 triliun dari Rp29,9 triliun. 

"Mengenai cost overrun, saya nggak ikuti mudah-mudahan nggak ada yang besar dan apa yang dilakukan KAI sudah sesuai, sekarang confidence bisa selesai 2023," ucapnya.

Budi Karya Sumadi mengungkaplan LRT Jakarta akan diperpanjang menuju Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan (Jaksel) dari Stasiun Velodrome di Jakarta Timur (Jaktim).

"Dalam waktu dekat ini akan dibuat Velodrome ke Manggarai," ucapnya.

Ide penyambungan LRT Jakarta ke Manggarai merupakan usulan dari Pemprov DKI Jakarta yang saat ini dipimpin Pj Gubernur Heru Budi Hartono.

Pasalnya, Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral terbesar di Jakarta yang menghubungkan semua kereta jarak jauh dan dekat.

"Tadi diusul oleh Pak Gubernur menuju ke Manggarai. Saya setuju sekali, karena apa? Stasiun Manggarai itu stasiun sentral, jarak jauh dan jarak dekat melalui Manggarai termasuk bandara," ujar Budi Karya.

Budi Karya Sumadi berpendapat jika LRT Jakarta tersambung, maka jumlah penumpang kereta luar kota atau kereta bandara bisa bertambah. 

Selain itu masyarakat di sekitar Kelapa Gading yang dilewati LRT Jakarta juga akan memperoleh kemudahan untuk mencapai stasiun kereta jarak jauh maupun stasiun bandara.

"Nah kalau ada lalu lintas tambahan dari Velodrome ke titik Manggarai, maka jumlah penumpang yang naik untuk ke luar kota atau bandara itu akan naik. Sebaliknya mereka yang dari bandara ke Manggarai bisa ke Kelapa Gading dengan headway singkat," ujar Budi Karya.

Sebelumnya, LRT Jakarta juga direncanakan akan diperpanjang menuju Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) dari Kelapa Gading.