Kemarau Panjang, Berikut 5 Tempat Wisata Cuaca Dingin Rekomended

Ilustrasi Berkemah di Dieng, Wonosobo, Jawa Barat (Foto: Gemapos/Popbela)
Ilustrasi Berkemah di Dieng, Wonosobo, Jawa Barat (Foto: Gemapos/Popbela)

Gemapos.ID (Jakarta) – Di Indonesia tidak ada musim dingin, hanya ada dua musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Karena, saat ini di sebagian wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau, oleh karena itu membuat masyarakat ingin pergi sejenak ke tempat wisata yang mempunyai hawa yang sejuk atau dingin.

Tidak perlu terbang jauh hingga pindah negara untuk kabur sejenak dari teriknya kemarau yang berkepanjangan. Karena, di sejumlah daerah Indonesia juga ada yang memiliki cuaca berbeda, yakni cuaca dingin.

Dalam artikel ini, akan di rekomendasikan tempat wisata hawa sejuk atau dingin yang masih terjangkau untuk dikunjungi.

1. Kota Batu

Tempat wisata ini berada di Malang, Jawa Timur. Wilayah kota ini berada di ketinggian hingga 800 – 2.000 meter dan ketinggian mencapai 980 meter di atas permukaan laut. Karena kondisi tersebut, suhu di Kota Batu mencapai hingga 11 – 19 derajat Celcius.

Tempat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Karena kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan salah satu negara di Eropa, yaitu Swiss.

Ada beberapa objek di tempat wisata ini yang pantas dikunjungi bersama keluarga, seperti kebun apel, kebun binatang, dan batu love garden.

2. Berastagi

Tempat wisata ini berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berastagi merupakan daerah yang berada di dataran tinggi, ketinggiannya mencapai 1.300 meter dari permukaan laut (mdpl), sehingga kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia. Karena kondisi tersebut, suhu terdingin di Berastagi mencapai hingga 16 derajat Celcius.

Berastagi diapit dengan dua gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Di wilayah ini juga ada pagoda tertinggi di Indonesia, salah satu alasan yang menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

3. Dieng

Tempat wisata berikutnya berada di Wonosobo, Jawa Timur. Dieng juga berada di dataran tinggi 2.115 mdpl. Bukan menjadi rahasia umum lagi kalau Dieng bercuaca dingin, bahkan pada bulan Juni tahun 2019, suhu Dieng mencapai -9 derajat Celcius.

Keindahan alam pada dieng juga ga kalah indah dengan yang lainnya, sehingga ada beberapa kegiatan bisa dilakukan di tempat ini, seperti trekking dan camping.

4. Ciwidey

Tempat wisata yang keempat berada di Ciwidey, Jawa Barat. Lokasi tempat ini juga berada di ketinggian mencapai 1.600 mdpl. Untuk suhu terdingin di Ciwidey hingga 13 derajat Celcius.

Tempat ini menjadi favorit untuk sebagian orang, karena cuacanya yang sejuk.

Ada beberapa wisata juga yang dimiliki tempat ini, seperti wisata Kawah Putih, perkebunan teh dan strawberry, pemandian air panas, Bukit Jamur, dan bumi perkemahan.

5. Ruteng

Tempat wisata yang terakhir berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Suhu terdingin yang dialami ditempat ini mencapai 15 derajat Celcius. Jika, ingin mengunjungi tempat wisata ini, anda harus memakai pakaian yang cukup tebal.

Salah satu yang membuat wisatawan ingin mengunjungi, karena arsitektur bangunannya yang unik, selain itu alamnya juga yang eksotis. Ruteng juga terdapat objek Gua Liang Bua dan Gua Kuno dimana tempat tersebut ditemukannya spesies Homo Floresiensis. (na)