7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi: Buah naga merah
Ilustrasi: Buah naga merah

Gemapos.ID (Jakarta) - Manfaat buah naga sebagai salah satu buah favorit yang menyegarkan ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sangat berguna untuk merawat kecantikan. Selain harganya yang kini terjangkau, buah naga juga relatif mudah ditemukan di Indonesia.

Apa saja manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang bisa kita rasakan jika rutin mengonsumsinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Mencegah penuaan dini

Buah naga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Buah naga juga mengandung fosfor yang membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh.

2. Menghidrasi kulit

Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi. Untuk itu, jus buah naga bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan tubuh kita. Kulit yang terhidrasi akan menghindarkan kita dari kerutan hingga kantung mata. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan membantu kontrol sebum atau minyak.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jus buah naga selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah naga kaya akan vitamin C yang membantu kinerja limfosit dalam tubuh. Limfosit yang merupakan jenis sel darah putih akan membantu tubuh melawan bakteri dan virus.

4. Mengurangi risiko kanker

Buah naga juga memiliki kandungan karoten yang bisa membantu mengurangi jumlah tumor. Menurut penelitian, kandungan likopen pada buah naga merah juga bisa mengurangi risiko kanker prostat.

5. Mencegah anemia

Sesuai dengan warnanya yang merah, buah naga juga bisa membantu mencegah penyakit kekurangan darah. Hal ini karena kandungan zat besinya yang meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh, sehingga bisa mencegah dan mengobati anemia.

6. Mengontrol gula darah

Buah naga bisa membantu mengontrol gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan vitamin B3, atau populernya disebut niacin, bisa mengurangi gula darah. Pilihan yang baik untuk yang memiliki diabetes tipe 2.

7. Menjaga kesehatan mata dan gigi

Rutin meminum jus buah naga juga bisa membuat kesehatan mata dan gigi terjaga. Kandungan beta-karoten pada buah naga bisa mencegah katarak. Buah naga juga mengandung kalsium yang tinggi, sehingga bisa membuat email gigi tetap kuat.

Itulah daftar manfaat mengonsumsi buah naga yang wajib kamu coba, bagaimana? Apa kamu tertarik?(mhi/ri)