5 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicicip dan Dibawa Pulang

Makanan Khas Banten, Sate Bebek (Foto: Gemapos/Finna Food)
Makanan Khas Banten, Sate Bebek (Foto: Gemapos/Finna Food)

Gemapos.ID (Jakarta) – Banten salah satau provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Dulunya provinsi tersebut pernah menjadi bagian provinsi Jawa Barat. Tetapi, saat ini Banten berdiri sendiri menjadi Provinsi Banten. Dengan ibu kotanya, yakni Kota Serang.

Banten mempunyai banyak tempat wisata yang bisa dijadikan untuk tempat refreshing sejenak. Tetapi, selain tempat wisata, Banten juga mempunyai beberapa makanan khas yang tidak kalah enak dengan tempat wisatanya. Saat berpulang ke kampung halaman atau traveling ke Banten, jangan lupa untuk mencoba makanan – makanan khas banten dan jangan lupa juga untuk dibawa pulang ke rumah.

Berikut dibawah ini beberapa makanan khas Banten:

1. Sate Bandeng

Makanan khas Banten yang pertama ini merupakan perpaduan dari daging ikan bandeng yang sudah dihilangkan durinya, santan, dan rempah – rempah. Setelah diberikan berbagai macam bumbu, kemudian olahan tersebut dikepal dan dilapisi kulit bandeng yang ditempelkan di batang bambu, setelah itu dibakar.

Pengolahan makanan ini sudah dilakukan sejak lama, yakni sejak zaman Kerajaan Banteng Girang abad ke-16, oleh juru masak Kerajaan.

2. Rabeg

Banten tidak mau tertinggal untuk memperkenalkan daerahnya sebagai surga kuliner dan Rabeg ini selalu menjadi list pertama untuk dibanggakan.

Rabeg berbentuk seperti semur atau tengkleng, yang terbuat dari daging sapi satau daging kambing. Bumbu untuk membuat makanan ini antara lain bawang merah, bawang putih, lada, biji pala, kayu manis, jahe, lengkuas, dan kecap yang diberi kuah.

3. Sate Bebek

Untuk makanan khas Banten yang satu ini disajikannya sedikit berbeda dengan umumnya, daging bebek disajikan dalam bentuk sate. Dengan biasanya juga, daging bebek bertekstur alot, namun di sate bebek ini daging terasa empuk dan kenyal.

Karena, sebelum dibakar, daging bebek direndam dan dibumbui kurang lebih selama satu hari. Selain itu, supaya bau amis yang ada di daging bebek hilang.

4. Sambar Buroq

Makanan khas Banten yang keempat mempunyai rasa yang pedas menggoda, saat lebaran jika tidak ada sambal tersebut tidaklah lengkap.

Untuk membuat sambal ini, kita hanya perlu bahan dasar seperti cabai yang dicampur kulit buah melinjo atau kulit buah tangkil yang sudah tua dan merah.

5. Ketan Bintul

Makanan khas Banten yang terakhir bisa menjadi salah satu menu untuk berbuka puasa, sebab makanan ketan bintul ini salah satu makanan takjil favorit dari Sultan Banten.

Makanan tersebut berbahan ketan dan taburan serundeng yang sudah disangrai dengan rempah – rempah. (na)