Fenomena Latvia di FIBA World Cup 2023 Indonesia

Supporter latvia (foto: gemapos/fiba.basketball)
Supporter latvia (foto: gemapos/fiba.basketball)


Gemapos.ID (Jakarta) Fenomena Latvia di FIBA World Cup 2023 Indonesia terus berlanjut. Merchandise kaus berlambang bendera Latvia laris manis. Penjualan merchandise meningkat seusai Latvia memetik kemenangan atas Perancis dalam laga kedua penyisihan Grup H FIBA World Cup 2023 pada Minggu (27/8/2023).

“Untuk penjualan (online) di Hoops Indonesia tinggal tersisa dua kaus negara Latvia dengan ukuran XXL saja,” kata Project Manager FIBA World Cup 2023 merchandise, William Loek.

“Sementara untuk penjualan langsung di fan shop dan merchandise shop resmi di Indonesia Arena sudah terjual habis dari 500 buah stok yang ada,” tutur dia menambahkan.

William Loek lalu mengungkapkan alasan banyaknya pembelian merchandise Latvia saat FIBA World Cup 2023. “Kebanyakan yang membeli pendukung Latvia dari luar. Namun, banyak juga lokal yang mendukung Latvia, ikut membeli,” ucap dia.

“Kenapa kaus lebih laku, mungkin kebanyakan membeli untuk baju ganti apabila berkeringat,” ucapnya. Adapun hadirnya pendukung Latvia yang hampir selalu memenuhi setengah kapasitas Indonesia Arena ini mencengangkan semua pihak.

Bahkan, para pemain dan tim pelatih Latvia menilai kehadiran penggemar di Indonesia Arena sangat luar biasa.

"Pendukung kami luar biasa,” ucap Arturs Visockis-Rubenis, Asisten Pelatih Latvia. “Jumlahnya mungkin sekitar 2.500-an yang datang ke sini, tapi riuhnya seperti 5.000-an. Mereka mendorong kami di lapangan. Mereka menakjubkan," tutur dia. Latvia memang menghadirkan fenomena tersendiri di FIBA World Cup. Banyak fan mereka datang dan memberi warna tersendiri di Indonesia Arena.(da)