Jokowi Resmikan Indonesia Arena, Venue FIBA World Cup 2023

Jokowi Resmikan Indonesia Arena (foto: sekertariat kepresidenan)
Jokowi Resmikan Indonesia Arena (foto: sekertariat kepresidenan)


Gemapos.ID (Jakarta) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Arena sebagai venue pertandingan FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023, di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2023) siang.

Peresmian dilakukan tiga minggu menjelang dimulainya FIBA World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Jokowi. Acara peresmian juga turut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Hari ini kita telah memiliki stadion megah yang namanya Indonesia Arena. Sebuah stadion dengan kapasitas 16.000 lebih penonton. Dibangun dengan biaya Rp 640 miliar. Pembangunan selama 18 bulan sangat cepat sekali," kata Jokowi dalam pidato sambutannya.

Menurutnya, Indonesia Arena dapat dipakai untuk tidak cuma untuk pertandingan bola basket tetapi juga bisa untuk bulu tangkis, bola voli, futsal, dan juga tentunya untuk konser.

"Jadi yang mau konser silakan segera daftar, karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser. Saya lebih senang kalau lebih banyak dipakai untuk olahraga, tetapi konser juga penting saya juga senang," tambahnya.

Arena baru tersebut rencananya akan dipergunakan untuk FIBA World Cup 2023, 25 Agustus hingga 10 September mendatang.(da)