Nova Arianto Angkat Bicara soal Pemanggilan Komang Teguh dan Titan Agung, Meski Tengah Disanksi AFC

Komang Teguh (foto: PSSI)
Komang Teguh (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, memberi penjelasan soal pemanggilan Komang Teguh dan Titan Agung ke skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Padahal, kedua pemain itu diketahui tengah disanksi AFC saat ini.

Nova Arianto pun menyatakan Komang Teguh dan Titan Agung bisa membela Timnas Indonesia U-23, meski masih disanksi AFC. Hal itu dipastikan karena pihak Timnas Indonesia U-23 dipastikan sudah mempelajari sanksi yang diberikan AFC kepada kedua pemain itu.

"Untuk turnamen resmi dari AFC tidak ada masalah karena hukuman untuk pertandingan uji coba," kata Nova Arianto kepada MNC Portal, Selasa (29/8/2023).

 

Mantan pemain Timnas Indonesia itu mengatakan Piala AFF U-23 2023 adalah turnamen yang tidak masuk kalender FIFA. Jadi, AFC menilai ajang itu hanya turnamen berlabel uji coba internasional semata.

"Piala AFF dianggap masuk kategori laga uji coba," jelas Nova.

Sebagaimana diketahui, PSSI telah mengumumkan daftar pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Dari 27 pemain yang dipanggil, ada nama Komang dan Titan.

Sontak, kedua nama itu jadi sorotan karena diketahui baru saja dilarang tampil oleh AFC untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Padahal, nama Komang dan Titan sudah didaftarkan untuk ajang tersebut.

Titan dan Komang memang diketahui dihukum larangan bermain sebanyak enam kali membela Timnas Indonesia dan juga denda senilai 1.000 dolar AS atau setara Rp14 juta. Hukuman itu imbas Komang dan Titan terlibat keributan dengan Timnas Thailand pada final SEA Games 2023.

 

Kini, menarik menantikan kiprah Titan dan Komang jika memang bisa membela Timnas Indonesia U-23. Di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sendiri, tim asuhan Shin Tae-yong itu tergabung di Grup K bersama dengan Taiwan dan Turkmenistan.

Babak penyisihan akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Laga-laga itu akan berlangsung pada 6 sampai dengan 12 September 2023.(da)