Shin Tae-yong Tak Pimpin Langsung Timnas Indonesia Saat Jumpa Turkmenistan, Berikut Alasannya

shin tae-yong (foto: PSSI)
shin tae-yong (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Shin Tae-yong punya dua agenda penting bersama Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-23. Lantas, apakah mungkin Shin Tae-yong akan meninggalkan tim senior demi fokus bersama Timnas Indonesia U-23?

Dua level Timnas Indonesia akan bermain pada waktu yang hampir bersama. Tim senior akan memainkan laga uji coba FIFA Matchday lawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat 8 September 2023.

 

Sementara, Timnas U-23 akan bermain pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan. Garuda Muda akan bersua Chinese Tapie pada Sabtu 9 September 2023. Tiga hari berselang, Indonesia akan berjumpa Turkmenistan.

Jarak laga Timnas Indonesia pada level senior dan U-23 hanya satu hari. Shin Tae-yong akan sangat sibuk pada dua hari tersebut. Lantas, apakah sang pelatih akan mengorbankan salah satu laga?

Shin Tae-yong jadi pelatih untuk Timnas Indonesia pada level senior maupun U-23. Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui bahwa situasi yang dihadapi tidak mudah. Shin Tae-yong pusing harus membagi waktu untuk kedua tim.

"Memang pusing dan ribet, untuk Timnas Indonesia senior coach Cho Byung Kuk yang pegang jadi pelatih utama (senior)," ujar Shin Tae Yong beberapa waktu lalu.

Cho Byung Kuk selama ini bekerja sebagai asisten Shin Tae-yong. Dia akan memimpin Timnas Indonesia level senior yang berlatih di Surabaya. Sedangkan, di Timnas U-23, ada Nova Arianto yang akan mendampingi Shin Tae-yong.

"Dia (Cho Byung Kuk) tahu apa yang saya mau untuk taktik dan lain-lain. Dia akan tanggung jawab untuk Timnas Indonesia senior, saya akan lebih cenderung fokus ke Timnas Indonesia U-23," sambung Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memimpin latihan perdana Timnas Indonesia pada Senin (5/9/2023) di Lapangan THOR Surabaya. Namun, sang pelatih langsung meninggalkan Surabaya dan bakal memimpin latihan Timnas U-23 pada hari Selasa (6/9/2023).

"Karena latihan hari ini kan hanya recovery saja, makannya nggak bisa terlalu tahu kondisi para pemain. Tapi kalau besok kan sudah mulai latihan normal, jadi mungkin besok sudah bisa tahu kondisi pemainnya," ucap Shin Tae-yong.(da)