Berikut Alasan Ramadhan Sananta Tak Dipanggil Shin Tae-yong Perkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Ramadhan Sananta (ist)
Ramadhan Sananta (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Striker Ramadhan Sananta yang menjadi mesin gol Skuad Garuda U22 di SEA Games 2023 tak dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023.

Hal itu berarti, Ramadhan Sananta bakal absen memperkuat Timnas Indonesia di dua pertandingan FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina.

Soal tidak dipanggilnya Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia senior merupakan indikasi kian jelasnya pembagian pemain antara Shin Tae-yong dan Indra Sjafri.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, mencuat prediksi adanya potensi perebutan beberapa pemain yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia dengan Timnas U23 Indonesia yang punya agenda krusial masing-masing.

Agenda paling dekat adalah FIFA Matchday Juni 2023 yang akan membawa Timnas Indonesia melakoni duel kontra Timnas Palestina dan Argentina.

Sementara Timnas U23 Indonesia asuhan Indra Sjafri diagendakan menghadapi laga uji coba melawan Jeonbuk Hyunday Motors dan Persis Solo (belum terkonfirmasi) sebagai persiapan hadapi Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Teranyar, dengan keluarnya pengumuman resmi nama 26 pemain untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023, maka pembagian pemain untuk Timnas U23 Indonesia makin terlihat jelas.

Shin Tae-yong memanggil 5 pemain jebolan SEA Games 2023 untuk timnas Indonesia kali ini yakni Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Ernando Ari, Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan.

Artinya kemungkinan beberapa pemain yang tampil bagus saat SEA Games 2023 kemarin akan tetap berada di timnas U-23 Indonesia asuhan Indra Sjafri.

Nama-nama pemain seperti Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman, Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga dan Muhammad Ferarri kemungkinan besar hanya dipersiapkan untuk timnas U-23 Indonesia.

"Saya sudah bicara dengan mereka berdua (Indra dan Shin Tae-yong) dari hati ke hati dan kita ini harus kompak terus," kata Ketum PSSI, Erick Thohir merespons pembagian pemain untuk U-23 dan senior.

Sementara itu, Indra Sjafri juga sudah angkat bicara terkait perihal pemain-pemain yang akan bentrok dengan pemanggilan timnas Indonesia dan timnas U-23 Indonesia.

"Itu nanti gampang, kan saya dengan coach Shin Tae-yong tidak ada masalah," kata Indra Sjafri.

"Kami berdiskusi lewat Jeje (Penerjemah Shin Tae-yong) untuk menyampaikan nama-nama yang akan dipanggil ke FIFA Matchday."

"Saya sudah lapor juga ke Pak Ketum PSSI bahwa tanggal 6 Juni nanti ada rencana pemusatan latihan," tambahnya.

Indra Sjafri dan timnas U-23 Indonesia sudah dihadapkan 4 agenda padat tahun ini.

Setelah menghadapi laga ujicoba lawan Jeonbuk Hyundai Motors dan Persis Solo, timnas U-23 Indonesia akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada September 2023.

Kemudian, Indra Sjafri dan pasukan akan berlaga di Asian Games 2022 yang dilangsungkan Oktober 2023.

Agenda selanjutnya adalah timnas U-23 Indonesia akan tampil di Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Sedangkan Shin Tae-yong dan timnas Indonesia juga dihadapkan dengan agenda FIFA Matchday pada Juni dan September 2023.

Semua pertandingan dipersiakan timnas Indonesia senior demi menyongsong ajang Piala Asia 2023 yang akan diadakan Januari 2024.(da)