Breaking News: AFC Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

AFC (ist)
AFC (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menunjuk Indonesia sebagai satu dari 11 tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pengumuman itu disampaikan AFC pada Rabu, (17/5/2023) siang WIB.

“AFC mengumumkan 11 tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Mereka ialah Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan dan Vietnam. Drawing diadakan pada 25 Mei 2023,” tulis akun Twitter @theaseanball.

Sekadar diketahui, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan digelar pada 12-18 September 2023. Dari babak kualifikasi ini dicari 15 tim, di luar tuan rumah Qatar yang sudah memastikan tempat di putaran final.

 

Sebelum kualifikasi dilakukan, AFC akan melakukan drawing yang dilaksanakan pada Kamis, 25 Mei 2023. Berhubung Timnas Indonesia U-23 berstatus sebagai tuan rumah, peluang skuad Garuda Muda lolos ke putaran final yang dilangsungkan di Qatar terbuka lebar.

Nantinya, AFC membagi 46 peserta anggota mereka ke dalam 11 grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat hingga lima negara. Tim yang finis sebagai juara grup (11 tim) otomatis lolos ke putaran final. Sebanyak 11 negara itu akan bersanding dengan tuan rumah Qatar (total 12 tim).

Berhubung mencari 16 tim, empat slot tersisa bakal diisi empat tim yang menempati runner-up terbaik. Karena itu, jika gagal menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong masih bisa mengincar posisi empat runner-up terbaik.

Melihat daftar tim penghuni pot 1 (di luar negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah kualifikasi), ada lima negara yang berpotensi satu grup dengan Timnas Indonesia U-23 (pot 3). Mereka ialah Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan dan Uni Emirat Arab.

Berkat statusnya sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-23 dipastikan takkan satu grup dengan tuan rumah lain. Selain itu, Timnas Indonesia U-23 juga takkan satu grup dengan penghuni pot 3 lain seperti Kirgizstan, Timor Leste, Lebanon, Oman, Laos, Palestina, Mongolia, Taiwan, Bangladesh dan Filipina.

Pot 1: Arab Saudi (Tuan Rumah), Uzbekistan (Tuan Rumah), Jepang, Australia (Tuan Rumah), Korea Selatan (Tuan Rumah), Irak, Vietnam (Tuan Rumah), Turkmenistan, Thailand (Tuan Rumah), Yordania (Tuan Rumah), UEA.

Pot 2: Iran, Kuwait (Tuan Rumah), Malaysia, Tajikistan (Tuan Rumah), Bahrain (Tuan Rumah), Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura, Yaman.

Pot 3: Kirgizstan, Timor Leste, Lebanon, Oman, Laos, Palestina, Mongolia, Indonesia (Tuan Rumah), Taiwan, Bangladesh, Filipina.

Pot 4: Hong Kong, Maladewa, Sri Lanka, Nepal, Afghanistan, Bhutan, China (Tuan Rumah), Guam, Macau, Korea Utara, Kepulauan Mariana Utara, Pakistan, Qatar.(da)