Profil Jeremia Zophie Praudya Salah Satu Peraih Adhi Makayasa 2022

Jeremia Zophie Peraih  Adhi Makayasa tahun 2022
Jeremia Zophie Peraih Adhi Makayasa tahun 2022

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik dan menyematkan bintang Adhi Makayasa kepada sejumlah perwira TNI-Polri di Istana Negara.  Upacara ini diikuti seluruh lulusan Akmil, AAU, AAL, Akpol. 

Salah satu dari perwira TNI-Polri yang mendapatkan bintang Adhi Makayasa  adalah Jeremia Zophie Praudya perwira berusia 22 tahun, yang berasal dari Banjarmasin. Ia lahir dari orang tua pasangan bernama Esron dan Sri Khusniyati.

Kemudian, ia diketahui mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Boarding School, SMAN Banu Billingual. Setelah selesai SMA, Jeremia melanjutkan ke pendidikan di AAU dan sudah menyelesaikan pendidikan tersebut.   

Sebelumnya, Jemeria Zophie Pramudya berhasil menyandang pangkat baru sebagai Sermatutar atau Sersan Mayor Satu Taruna, dan juga mendapat predikat menjadi lulusan terbaik AAU, saat digelarnya Penutupan Pendidikan Taruna dan Wisuda Sarjana Akademi Angkatan Udara, pada Selasa 29 Juni 2022 silam di Yogyakarta. 

Kemudian, di tahun 2022, AAU meluluskan 108 sarjana bergelar Sarjana Sain Terapan Pertahanan (SST.Han). Terdapat tiga program studi (prodi), yakni Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Hal ini tentu membuat ia berhak menyandang penghargaan Adhi Makayasa. Selain itu, ia juga menerima penghargaan lain, yaitu Adhi Sakti Elektronika.

Sementara itu, upacara juga dihadiri sejumlah pejabat Indonesia, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang mana juga adalah lulusan terbaik saat jadi perwira TNI dan Polri. 

Selain Jemeria, peraih Adhi Makayasa tahun 2022, yakni dari Akademi Militer (Akmil) Rafi Naufal Afriansyah, Akademi Angkatan Laut (AAL) Elang Tri Esthi Fitrananda dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Adira Rizky Nugroho.(vvn/ra)