Presiden Jokowi Lihat Sejarah Pertambangan Freeport Indonesia di Grasberg

Saat Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI)
Saat Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melihat sejarah pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Museum Bunaken yang terletak di wilayah Tambang Grasberg, Mimika, Papua, pada hari ini (1/9/2022).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam 15 menit dengan kendaraan roda empat, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Grasberg pada pukul 08.15 WIT.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden dan Ibu Negara didampingi Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Kemudian, Tony menjelaskan bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg.

"Sekarang di kedua tambang itu sudah tidak ada lagi penambangan?” tanya Presiden.

"Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kami me-maintain kestabilan lerengnya," jawab Tony.

Selain itu, Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Presiden Jokowi terlihat berbincang dengan Presiden Komisaris PTFI Richard Adkerson.

Setelah berada di Grasberg selama 2 jam, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah.

Sementara itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara turut didampingi antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.(ant/ra)