Profil Elang Tri Esthi Fitrananda Penerima Adhi Makayasa AL 2022

Elang Tri Esthi Fitrananda peraih Adhi Makayasa tahun 2022
Elang Tri Esthi Fitrananda peraih Adhi Makayasa tahun 2022

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik Sejumlah perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka Jakarta Pusat, hari ini (14/7/2022). Upacara yang digelar terbatas ini diikuti seluruh lulusan Akmil, AAU, AAL, Akpol. 

Pada upacara tersebut dibacakan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan perwira TNI-Polri. Dalam surat tersebut juga dibacakan penerima Adhi Makayasa dari keempat instansi tersebut, salah satunya Elang Tri Esthi Fitrananda dari AAL.

Diketahui, Elang Tri Esthi Fitrananda, S.Tr. (Han) lahir di Surabaya, 9 Januari 2000, putra dari pasangan bapak Edhi Tri Esthi M dan Ny. Donata Murtis ini sejak kecil memang sudah memiliki minat atau cita-cita sebagai TNI AL. 

Kemudian, Elang Tri Esthi fitrananda pernah sekolah di SD Hang Tuah 7 sejak tahun 2006 sampai 2012. Kemudian ia melanjutkan jenjang pendidikannya di SMPN 22 Surabaya.

Di usianya yang telah menginjak 22 tahun, Elang berhasil menyelesaikan Pendidikan Taruna di Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-67 pada Jumat, 24 Juni 2022 lalu. 

Para Taruna yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah mereka yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan digembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL.

Setelah menempuh pendidikan empat tahun sebagai taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Elang dinobatkan sebagai lulusan terbaik, dan memperoleh gelar S.Tr. (Han).

Selain memperoleh gelar S.Tr. (Han), diketahui Elang juga telah menyandang pangkat Letnan Dua setelah disumpah dan dilantik oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam upacara Prasetya Perwira hari ini. 

Sebagai calon perwira terbaik Elang yang mengaku mengidolakan Presiden Jokowi ini juga dianugerahi Bintang Adhi Makayasa. Sebagai informasi, Adhi Makayasa merupakan penghargaan untuk lulusan terbaik akademi TNI/Polri atas prestasi pada aspek-aspek akademis, jasmani, dan kepribadian, yang dihitung sejak calon prajurit taruna sampai tingkat akhir.

Selain Elang Tri Esthi Fitrananda, peraih Adhi Makayasa tahun 2022, yakni dari Akademi Militer (Akmil) Rafi Naufal Afriansyah, dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Adira Rizky Nugroho  dan Jeremia Zophie Praudya.(vvn/ar)