Ingin Mulai Berkebun di Halaman Rumah? Coba 4 Tips Berikut Ini

Ilustrasi: Berkebun di halaman rumah bersama keluarga
Ilustrasi: Berkebun di halaman rumah bersama keluarga

Gemapos.ID (Jakarta) - Selain menyenangkan, berkebun merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Akan tetapi, beberapa orang masih berpikiran bahwa berkebun harus di lahan tanah yang luas. Padahal, berkebun tidak harus di lahan yang luas. Kita bisa berkebun di tempat seadanya. 

Bahkan kita bisa berkebun di halaman rumah kita. Hanya saja, kita harus menyesuaikan metode yang tepat serta jenis tanaman yang akan kita tanam di halaman rumah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak berikut ini adalah 4 tips berkebun di halaman rumah.

1. Pilih Tempat yang Tepat

Kita harus memilih tempat yang tepat, yakni dengan memilih tempat yang banyak terpapar sinar matahari. Hal ini dikarenakan sebagian besar tanaman sangat bergantung pada cahaya matahari untuk pertumbuhannya. Apabila cahaya matahari kurang, pertumbuhan tanaman yang kita tanam juga akan kurang maksimal bahkan bisa gagal.

2. Siapkan Media Tanam yang Subur

Media tanam sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman di kebun halaman rumah kita. Untuk efesiensi biasanya kita akan menanam di pot atau polybag dimana media tanamnya terbatas. Karena itu, penting untuk memilih media tanam yang subur dan sesuai.

Media tanam yang sesuai dengan nutrisi yang cukup akan membuat tanaman tumbuh dengan baik. Media tanam harus disesuaikan dengan tanaman yang kita tanam. Misalnya tanah gambut, tanah berpasir, dan lain sebagainya. 

3. Siapkan Benih yang Baik

Kualitas tanaman sangat bergantung pada benih yang digunakan. Apabila benih yang dipilih memiliki kondisi yang bagus, maka tanaman bisa tumbuh dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Agar tidak gagal kita harus memilih benih tanaman dengan cara berbeda-beda tergantung jenis tanamannya. Untuk referensi kita bisa membaca di internet, buku, maupun bertanya pada ahlinya mengenai benih yang berkualitas.

4. Rawat dengan Konsisten

Berkebun tidak berhenti pada proses menanam saja, tetapi harus konsisten dalam merawat tanaman yang sudah ditanam. Mulai dari menyiram secara rutin, memberi pupuk, membersihkan pot, memanen, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus dilakukan dengan konsisten untuk menjaga agar tanaman tumbuh dengan baik.

Itulah empat tips berkebun di halaman rumah agar tidak gagal. Selamat mencoba!(yrs/ar)