Kamu Ingin Belajar Menanam Tomat di Rumah? Yuk, Simak Tips Dibawah Ini

Ilustrasi: Tanaman tomat
Ilustrasi: Tanaman tomat

Gemapos.ID (Jakarta) - Kamu ingin mulai berkebun, tapi tidak memiliki lahan di rumah? Menanam tomat dapat jadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mulai berkebun. Sebab, kamu dapat menanam tomat dalam pot dengan hanya menempatkannya di tempat yang banyak terkena pancaran matahari seperti di teras maupun di balkon. 

Menanam tomat menggunakan pot bisa tumbuh dengan subur asal, dilakukan dengan benar dan penuh perhatian. Dinukil dari dari Better Homes and Gardens, berikut tips agar kamu berhasil menanam tomat yang subur dalam pot!

1. Pilih jenis tanaman tomat yang kecil

Jenis tanaman tomat berukuran lebih kecil lebih cocok ditanam dalam pot. Meskipun ukurannya kecil, tanaman tomat yang berukuran kecil bisanya dapat menghasilkan banyak buah. 

2. Pilih pot yang besar

Tanaman tomat memiliki akar yang besar dan lebar. Semakin besar pot yang kamu gunakan, semakin besar ruang untuk tanamanmu tumbuh.

3. Sirami tanaman tomat setiap hari

Tomat adalah tanaman yang membutuhkan banyak air, terutama saat sedang tumbuh besar. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menyiram tanaman. Sementara saat cuaca panas, pastikan untuk menyiram tanaman tomatmu di pagi dan sore hari.

4. Berikan nutrisi

Salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman tomat dalam pot adalah dengan campuran pupuk yang digunakan saat menanam tanaman tomat. Carilah produk pupuk yang khusus untuk sayur-sayuran.

5. Berikan sinar matahari

Tanaman tomat memerlukan setidaknya delapan jam cahaya matahari setiap harinya agar tumbuh subur. Cahaya juga penting untuk menghasilkan buah tomat yang lezat. Jadi kamu perlu menempatkan tanaman tomatmu di tempat yang paling banyak mendapatkan sinar matahari.

6. Berikan ruang pada tanaman tomat

Sirkulasi udara yang baik membantu mencegah penyakit yang menyebar melalui udara. Letakkan tanaman tomatmu di tempat yang tidak menempel pada dinding dan sebisa mungkin tidak menyentuh tanaman lain.

Nah, itulah enam tips yang perlu kamu lakukan untuk mulai menanam tomat di rumahmu. Selamat mencoba!(gyi/ra)