Kembali Viral di Media Sosial, Ini Profil AKP Rita Yuliana

Polwan cantik AKP Rita Yuliana
Polwan cantik AKP Rita Yuliana

Gemapos.ID (Jakarta) - Polwan cantik yakni, AKP Rita Yuliana kembali viral di media sosial dan trending dalam pencarian Google. Di tengah peristiwa penembakan di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Irjen Ferdy Sambo, namanya mendadak diperbincangkan. Siapakah AKP Rita Yuliana? Simak profilnya berikut ini!

Rita Sorcha Yuliana atau yang dikenal sebagai AKP Rita Yuliana ini lahir di Selong, Lombok Timur pada 1 Juli 1992, kini berusia 30 tahun. Ia merupakan seorang polisi wanita (polwan) yang berasal dari Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

AKP Rita merupakan alumni dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2013. Ia lantas di tempatkan di di Lombok Timur hingga menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur. 

Sebelumnya, AKP Rita pernah bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB dan berhasil mengungkapkan kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Sengigi.

Kemudian, saat ini AKP Rita Yuliana bertugas di Polda Metro Jaya sejak Januari 2022. Pada tanggal 24 Desember 2021, AKP Rita dimutasi ke Polda Metro Jaya melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021. Saat ini AKP Rita menjabat sebagai Panit Subdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Tak hanya itu, AKP Rita juga dikenal dengan berbagai prestasi yang diraihnya selama menjabat sebagai seorang polwan. Bahkan, sebelumnya dirinya pernah viral di media sosial setelah menunjukkan kemampuannya berbahasa Mandarin. 

Saat itu AKP Rita mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). HSK merupakan ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3. AKP Rita justru mendapatkan HSK level 4. 

Diketahui, kemahiran berbahasa Mandarin AKP Rita juga tidak terlepas oleh pendidikan yang ia tempuh di International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) di Beijing, Tiongkok pada tahun 2018. 

Program tersebut diikuti lebih dari 33 negara di 3 benua. Dalam program tersebut  AKP Rita menjadi satu-satunya perwakilan dari polisi Indonesia.

Selain berprestasi di bidang akademik, AKP Rita juga pernah menginisiasi pembuatan gerai vaksin di pelayanan Satpas SIM Polres Lombok Timur yang menjadi pertama di Indonesia. 

Berkat itu, ia dianugerahi penghargaan oleh Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal pada peringatan Hari Polwan ke-73.

Itulah profil AKP Rita Yuliana yang baru-baru ini viral di jagat media sosial. Semoga informasi ini dapat menjawab rasa penasaran anda.(sur/ar)