Mau Berkunjung ke Kota Solo? Kamu Wajib Cicipi 5 Makanan Khas Solo Berikut Ini

Ilustrasi makanan Selat Solo
Ilustrasi makanan Selat Solo

Gemapos.ID (Jakarta) - Kota Solo atau yang sering di sebut kota Batik memang punya banyak pesona. Jadi tidak salah kalau kota yang satu ini selalu ramai di kunjungi saat musim liburan. Selain terkenal akan batiknya kota ini juga terkenal akan makanan khasnya loh!

Nah, kalau berkunjung ke Solo, kamu wajib banget nyobain makanan-makanan yang unik ya! Penasaran apa saja makanan khas Solo yang perlu kamu coba? Yuk, simak berikut ini sederet makanan khas kota Batik!  

1. Selat Solo

Rasanya tak lengkap kalau ke kota Solo tanpa mencicipi yang satu ini. Untuk menuju ke sana, kamu harus melalui jalanan sempit untuk tiba di sebuah restoran terkenal yang begitu dekoratif dan khusus menjual selat Solo sejak lama. Menikmatinya beramai-ramai rasanya tak terlupakan, bagi mereka yang pernah mencobanya.

Selat Solo adalah hidangan yang sangat kental gaya Eropa sejak masa kolonial. Bayangkan daging has yang sudah dimasak dengan bumbu gurih manis beserta sausnya dan dikelilingi masakan pelengkap. Ada kentang goreng, selada,  telur rebus, serta wortel dan buncis yang diblansir. Ditambah saus mustard-nya yang khas, ini menjadikan selat Solo lain dari yang lain!

2. Galantin

Untuk fans selat Solo garis keras, maka hidangan yang satu ini akan melengkapi santapanmu. Galantin dahulunya juga populer di kalangan para pembesar.

Bentuknya yang seperti sosis raksasa sebetulnya adalah daging giling yang dibumbui, dibentuk, lalu dikukus. Galantin kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan kentang dan sayuran. 

Satu fakta menarik adalah, agar berbentuk silinder, galantin rupanya dibungkus dengan daun pisang yang sangat mencerminkan kearifan lokal loh! Kamu wajob coba makanan ini.

3. Sosis Solo

Salah satu jenis makanan yang masih dekat dengan pengaruh masa kolonial adalah camilan yang dikenal dengan nama sosis Solo. 

Menariknya, tidak seperti selat Solo yang menggunakan teknik masak dan presentasi asing, sosis Solo justru merupakan interpretasi masyarakat setempat di zamannya. 

Dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia dan sedikit kreativitas, terciptalah sosis Solo yang menyerupai sosis asli dan banyak dinikmati orang Belanda saat itu.

4. Nasi Liwet Solo

Masuk ke masakan yang benar-benar tradisional adalah nasi liwet Solo yang dikenal begitu lengkap isiannya. Nasi liwet diaron hingga matang menggunakan panci liwet dan disajikan bersama sayur labu siam, ayam suwir, telur pindang, dan kuah areh yang dibuat dari telur di atasnya. 

Karena rasanya yang istimewa, maka tak heran bila nasi liwet Solo selalu jadi favorit untuk makan pagi, siang, hingga acara kumpul dan resepsi pernikahan.

5. Tengkleng Klewer

Berbicara sedikit tentang masakan ini, kata Klewer sebenarnya diambil dari nama sebuah pasar terkenal di kota Solo. Masakan yang terdiri racikan iga serta jeroan kambing yang disebut tengkleng ini adalah warisan kuliner yang sangat legendaris, seperti halnya pasar Klewer yang merupakan tempat legendaris di sana. 

Kuah santan dengan rasa gurih pedas dan iga serta jeroan kambing yang meresap dengan bumbu adalah suguhan yang menggiurkan. Begitu pas untuk kamu yang sedang jalan-jalan menikmati kota Solo.

Nah, itulah daftar makanan khas Solo yang mungkin bakal jadi teman perjalananmu selama di kota Solo. Semoga juga kamu berkesempatan mengunjungi kota Solo dalam waktu dekat dan bisa menikmati langsung sajian-sajian ini di sana!(mhi/ra)