Ini Profil Irjen Syahar Diantono, Kepala Divisi Propam Polri yang Baru

Irjen Syahar Diantono pengganti dari Irjen Ferdy Sambo
Irjen Syahar Diantono pengganti dari Irjen Ferdy Sambo

Gemapos.ID (Jakarta)Setelah resmi mencopot Irjen Pol Ferdy Sambo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Wakil Kepala Bareskrim Irjen Syahar Diantono sebagai Kepala Divisi Propam Polri yang baru pada Kamis (4/8/2022) lalu.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mencopot sejumlah personel di lingkungan Polri. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST) bernomor ST: 1628/VIII/KEP/2022 tanggal 4 Agustus 2022.

Sebelumnya Irjen Syahar Diantono tercatat pernah menjabat Kabagpenum Divisi Humas Polri pada tahuun 2018 dan menjabat Karo Divhumas Polri pada tahun 2019. 

Selama menjabat sebagai Humas, Irjen Syahar dikenal sebagai sosok yang taat beribadah, selalu menunaikan salat tepat waktu.

Sebelum diamanahkan jabatan Kadiv Propam, Irjen Syahar Diantono merupakan seorang perwira tinggi yang pernah menjabat sebagai Wakil Keamanan Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri pada tahun 2021.

Saat itu Irjen Syahar Diantono pernah menangani beberapa kasus, salah satunya kasus Bahar bin Smith terkait ujaran kebencian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2018 lalu.

Tak hanya itu, Irjen Syahar Diantono juga pernah menangani kasus penyelewengan budidaya dan ekspor benih lobster pada tahun 2020.

Karena hal tersebut, tak sedikit publik yang dibuat penasaran dengan sosok Kadiv Propam yang baru ini.

Lantas bagaimana profil dan biodata Irjen Syahardiantono sebagai pengganti dari Irjen Ferdy Sambo? Berikut ini profil dan biodata lengkap Irjen Syahar Diantono yang didapat dari berbagai sumber.

  • Nama lengkap: Syahar Diantono
  • Tempat lahir: Blora, Jawa Tengah, Indonesia
  • Tanggal lahir: 2 Februari 1970
  • Umur: 52 Tahun
  • Pangkat: Inspektur Jenderal Polisi
  • Sekolah polisi: Akademi Kepolisian 1991
  • Jabatan sebelumnya: Wakil Kabareskrim Polri

Itulah profil dan biodata Irjen Syahardiantono yang menggantikan Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai sebagai Kepala Divisi Propam Polri yang baru.(ntw/ri)