Setelah Direvitalisasi, Kota Tua Kembali Dibuka

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan aktivasi kawasan Kota Tua  dengan pembukaan Festival Batavia Kota Tua, kemarin (26/8/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan aktivasi kawasan Kota Tua dengan pembukaan Festival Batavia Kota Tua, kemarin (26/8/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Setelah vakum selama dua tahun, kini Kota Tua kembali dibuka. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan aktivasi kawasan Kota Tua setelah direvitalisasi. Aktivasi ini diawali dengan pembukaan Festival Batavia Kota Tua, kemarin (26/8/2022).

"Ramaikan Festival Kota Tua, dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini, Jumat 26 Agustus 2022, Festival Batavia Kota Tua resmi dibuka," katanya di Plaza Jalan Lada, Kota Tua, Jakarta Barat.

Anies mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kawasan Kota Tua sebagai ruang ketiga yang dapat memfasilitasi aktivitas masyarakat.

Kemudian, ia juga menjelaskan di masa lampau, Kota Tua dibangun dan dijaga oleh banyak unsur. Adapun unsur-unsur tersebut adalah Pemprov DKI, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan TNI.

"Bila tiga ini tidak jalan sama-sama tidak terjadi tempat ini. Ini terjadi karena kolaborasi," katanya.

Sementara itu, setelah revitalisasi, Kota Tua diharapkan menjadi wajah kota di masa depan.

"Inilah perubahan yang sedang terjadi di Jakarta dan ini lah masa depan kita karena itu lah tidak aneh, kita lihat di sini Batavia, Kota Tua kota masa depan," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Sebelumnya, Pemprov melakukan revitalisasi pada Kota Tua. Kawasan ini semakin terhubung dengan transportasi umum lewat stasiun kereta api commuterline dan halte Transjakarta.

Tak hanya itu, Kota Tua juga memberlakukan kawasan rendah emisi atau low emision zone (LEZ) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar Kota Tua. 

Kemudian, trotoar juga telah dilengkapi dengan street furniture, pohon teduh, taman dan air mancur. Bahkan tersedia juga guiding block untuk mempermudah penyandang tuna netra bermobilitas guna mewujudkan kawasan yang ramah difabel.(mdk/pa)