Simak, Ini 8 Tips Berolahraga Ketika Puasa Ramadan

Ilustrasi: olahraga ringan
Ilustrasi: olahraga ringan

Gemapos.ID (Jakarta) - Saat menjalankan puasa Ramadan seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap beraktivitas sehari-hari secara normal. Termasuk dalam melakukan olahraga atau latihan kebugaran sehari-hari.

Meski begitu, pada saat menjalankan puasa Ramadan, tentu ada penyesuaian yang penting kita lakukan pada saat berolahraga.

Dilansir dari Independent, berikut sejumlah tips untuk lancar berolahraga ketika menjalani puasa Ramadan

1. Cukup Minum saat Sahur

Minum cukup air di antara waktu buka dan sahur bisa membantu mengurangi risiko dehidrasi sepanjang hari. Ini sangat penting terutama ketika kamu berniat untuk berolahraga.

2. Tentukan Waktu

Menentukan waktu olahraga yang tepat merupakan hal penting tergantung dari kebiasaan yang dimiliki seseorang.

Misal, olahraga di pagi hari bisa membantu memberi suntikan energi terutama pada siang hari ketika rasa lapar dan lelah mendera. Meskipun begitu, waktu olahraga yang paling aman adalah pada saat menjelang buka puasa.

3. Pilih Gym 24 Jam

Jika kamu memutuskan untuk olahraga di gym, pastikan untuk memilih yang buka 24 jam. Pilihan ini bisa membantu untuk berolahraga secara fleksibel tanpa mengganggu ibadah puasa serta ibadah lain yang kamu laksanakan.

4. Lakukan Latihan Kekuatan Otot

Pada saat bulan puasa, disarankan untuk melakukan latihan kekuatan otot dibanding latihan kardio. Olahraga jenis ini bisa dilakukan secara perlahan dan tidak terlalu menguras keringat walau tetap membantu menjaga kebugaran.

5. Pilih Menu Sahur yang Mengenyangkan

Pada saat sahur, disarankan untuk memilih makanan dengan karbohidrat kompleks. Makanan beryoa kacang-kacangan, oats, kurma, dan pisang bisa membantu energi keluar secara perlahan dan membuatmu kenyang dalam waktu lebih lama.

6. Beri Waktu untuk Pemulihan

Setiap olahraga dan latihan yang dilakukan membuktikan waktu pemulihan agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Salah satunya berupa tidur siang untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

7. Sempatkan untuk Berolahraga

Hindari memaksakan diri untuk berolahraga di saat berpuasa tetapi pastikan untuk melakukannya meski hanya 10 menit. 

Hindari melakukannya olahraga berlebihan karena akan sulit melakukannya secara rutin.

8. Konsumsi Makanan Favoritmu

Saat bulan Ramadan, penting untuk konsumsi makanan favoritmu tetapi dengan terus memperhatikan keseimbangan porsi dan nutrisi. 

Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah tepat dan jangan terlalu berlebihan.

Nah,  itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan rutinitas olahraga pada saat berpuasa. Pastikan tetap melakukan olahraga di bulan Ramadan demi kesehatan dan kebugaran.(mdk/ri)