Mulai Jenuh Jalani aktivitas Puasa yang Itu-itu Aja? Ini Tiga Tips Agar Ramadhanmu Tetap Seru!

Ilustrasi: Pasangan Pasutri yang sedang Memasak Bersama
Ilustrasi: Pasangan Pasutri yang sedang Memasak Bersama

Gemapos.ID (Jakarta) - Sudah dua pekan umat Islam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Memasuki pekan ketiga, tak sedikit orang yang mulai kurang bugar, kehabisan ide makanan sahur dan buka, hingga bingung menentukan gaya pakaian apa lagi yang bisa digunakan saat bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat.

Berikut ini ada tiga kiat agar Anda bisa menjalani Ramadhan dengan tetap bugar dan seru, sebagaimana tertulis dalam siaran pers TikTok, Selasa.

Tetap olahraga meski berpuasa

Jika Anda mulai merasa capek dan lemas saat berpuasa, mungkin inilah saatnya untuk mulai berolahraga.

Dokter sekaligus kreator konten dr. Adrian Setiaji (@doktermedok) merekomendasikan waktu dan durasi olahraga selama Ramadhan, antara lain satu jam sebelum sahur dengan durasi 30-45 menit, dua jam sebelum berbuka dengan durasi 60-90 menit, atau setelah shalat tarawih dengan durasi 30-60 menit.

Olahraga perlu rutin dilakukan minimal tiga sampai lima kali dalam satu pekan. Pilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan Anda, mulai dari aerobik, angkat beban, atau olahraga rekreasional seperti badminton, tenis, futsal, hingga basket.

Siapkan menu buka puasa yang beragam dan anti ribet

Berbuka puasa bersama keluarga maupun sahabat dapat mempererat kebersamaan dan tali silaturahmi. Agar tidak bosan, sajikan menu buka puasa yang beragam, yang resepnya dapat Anda temukan di TikTok lewat tagar #SerunyaKulinerBareng.

Salah satu menu yang dapat jadi inspirasi adalah tumis campur tahu, tempe, dan sayuran dari kreator konten Erisa (@hi_erisa), yang bisa dimasak hanya dalam waktu kurang dari 20 menit.

Cara membuatnya, goreng tahu dan tempe sampai kering lalu sisihkan. Kemudian, tumis cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun salam hingga wangi.

Setelah itu, masukkan potongan sayuran wortel dan buncis serta tambahan sedikit air. Tambahkan garam, lada, gula, saus tiram, dan kecap manis sesuai selera. Lalu, tambahkan tahu dan tempe yang sudah digoreng, masak hingga matang.

Belajar styling

Lewat tagar #SerunyaGayaBareng di TikTok, ada banyak kreator konten fesyen yang berbagi inspirasi gaya busana, agar Anda terhindar dari look yang itu-itu saja saat menghadiri buka puasa bersama atau acara lainnya saat Ramadhan.

Untuk laki-laki, kreator Raymond Muaya (@raymodmuaya) membagikan tiga tips styling baju koko. Pertama, pasangkan baju koko dengan celana berwarna senada dengan warna dasar baju.

Kedua, jika baju koko yang digunakan memiliki motif yang lumayan ramai, padukan dengan celana polos. Ketiga, Anda juga bisa memadukan baju koko dengan celana jeans dan sepatu sneaker putih.

Untuk perempuan, selain kaftan, outfit simpel juga bisa jadi look yang menari. Kreator konten Ketty (@chesseeecats) juga berbagi tips untuk Anda. Pertama, gunakan pakaian bernuansa serba putih jika Anda ingin tampil bersahaja. Anda bisa memadukan outer dress, celana, dan baju dalaman berwarna putih.

Kedua, Anda bisa memadukan rok jeans, atasan knit, dan scarf. Ketiga, bagi Anda yang menyukai warna netral tapi tidak ingin terlihat monoton, Anda bisa menggunakan tas berwarna cerah supaya penampilan bisa lebih 'pop'.(ra)