Gelar KT 2, KMHDI Harapkan Beri Kontribusi Lebih Soal Pemikiran

Ketua Umum PP KMHDI, I Wayan Darmawan (tengah) saat menyampaikan arahannya saat pelaksanaan KT 2 di Pusdiklat KKB BKKBN Jakarta Timur, Kamis (9/5/2024). (gemapos/dok. Istimewa)
Ketua Umum PP KMHDI, I Wayan Darmawan (tengah) saat menyampaikan arahannya saat pelaksanaan KT 2 di Pusdiklat KKB BKKBN Jakarta Timur, Kamis (9/5/2024). (gemapos/dok. Istimewa)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) melaksanakan Kaderisasi Tahap Dua (KT 2) yang merupakan kaderisasi pokok lanjutan setelah KT 1. Kegiatan tersebut digelar di Pusdiklat KKB BKKBN Jakarta Timur mulai Kamis-Sabtu (9/5-11/5).

Ketua Departemen kaderisasi Putu Andre Juliana menyampaikan bahwasannya kegiatan KT 2 ini merupakan langkah berikutnya dari proses jenjang kaderisasi yang ada di KMHDI. Dimana harapannya kata Andre,  nantinya kader-kader yang telah mengikuti jenjang kaderisasi KT2 dapat berkontribusi dan mengabdi lebih dalam lingkungan masyarakat.

"Setelah lulus KT 2 kader KMHDI diharapkan mampu berkontribusi secara pemikiran dan karya dalam menyikapi persoalan keumatan dan kebangsaan di daerah nya masing-masing," ungkap Andre.

Sebagai informasi, pelaksanaan KT2 kali ini mengusung tema "Mewujudkan Kader KMHDI Berwawasan Global". Dimana hal itu dikatakan Andre bertujuan untuk menganalisa masalah dengan landasan model berpikir global dan mengkonstruksikan gagasannya menjadi sebuah solusi dari permasalahan yang terjadi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PP KMHDI, I Wayan Darmawan menyampaikan terkait pentinggya kaderisasi berjalan dengan baik di tengah perkembangan teknologi. Menurutnya, perkembangan teknologi turut berpengaruh dalam dinamika organisasi.

"Gerak organisasi kian dinamis sehingga tantangan kaderisasi hari ini sangat berat di tegah kemajuan teknologi yang begitu pesat, maka fenomena ini menjadi tantangan kita bersama dalam mengawal jalannya kaderisasi seperti yang kita cita-citakan," ungkap Darmawan.

Selain itu, turut hadir dalam acara tersebut Ketua Forum Alumni KMHDI, I Ketut Wiriana. Dalam sambutannya, Wiriana menyampaikan harapannya agar kader selalu menjaga solidaritas dan komunikasi yang baik. Dirinya menilai kesempatan di organisasi memberi pengetahuan lebih dibanding dengan mahasiswa yang tidak tergabung organisasi.

"Alumni berharap kader KMHDI terus semangat menjaga solidaritas dan komunikasi sesama kader, alumni dan pihak tertentu. Kualitas kader KMHDI tidak boleh kalah dari mahasiswa yang bukan kader Tegas I Ketut Wiriana Ketum FA KMHDI," tutur Wiriana. (ns)