Mahasiswa Hindu Bagikan Sembako ke Pura di Jakarta Sambut Hari Nyepi Saka 1946

Gemapos.ID (Jakarta) - Umat Hindu Indonesia menyambut Hari Suci Kuningan pada Sabtu (9/3/2024) dan Hari Suci Nyepi yang jatuh pada Senin (11/3/2024).

Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) melakukan Rsi Yadnya berupa pembagian sembako ke beberapa Pura di wilayah Jakarta dalam rangka menyambut hari Suci Nyepi Saka 1946.

Menurut Wayan Ardi Adnyana, Ketua Departemen Sosial Kemasyarakatan (Sosmas) PP KMHDI, sembako yang dibagikan oleh KMHDI diperuntukkan kepada Pemangku, pengelola pura, dan juga untuk anak yatim.

"Pembagian sembako oleh PP KMHDI ini dibagikan untuk Pemangku, pengelola Pura dan juga anak yatim di sekitar wilayah Jakarta. Bantuan yang didistribusikan berjumlah 450 paket sembako,” kata Ardi.

Ardi menuturkan bahwa berpunia kepada sesama merupakan bagian dari implementasi jati diri Humanisme seorang kader KMHDI yang harus terus dipupuk.

"Kader KMHDI harus menjadikan jati diri sebagai semangat pengabdian. Implementasi nilai humanisme harus terus dipupuk agar memberikan manfaat kepada umat dan bangsa,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP KMHDI, I Wayan Darmawan mengatakan Hari Suci Nyepi dapat dimaknai sebagai momentum menumbuhkan semangat gotong royong sesama umat Hindu.

"Hari suci Nyepi ini harus kita jadikan momentum untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kepedulian antar sesama atau yang sering disebut Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh,” paparnya.

Darmawan berharap pembagian sembako menyambut Hari Suci Nyepi memberikan manfaat bagi umat khususnya Pemangku, Pengempon Pura dan anak yatim.

"Kami tentu berharap kegiatan sosial yang dilakukan oleh KMHDI dalam menyambut Hari Suci Nyepi memberikan manfaat bagi umat dan masyarakat,” tutupnya. (rk/*)