Menteri Sekretaris Negara Terima PHDI Pusat & Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024.

Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024 diterima audiensi oleh Mensesneg, Pratikno yang didampingi Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGn Ari Dwipayana, Kamis (7/3/2024). (gemapos)
Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024 diterima audiensi oleh Mensesneg, Pratikno yang didampingi Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGn Ari Dwipayana, Kamis (7/3/2024). (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024 diterima audiensi oleh Mensesneg, Pratikno yang didampingi Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGn Ari Dwipayana, Kamis (7/3/2024) di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Jakarta.

Ketua PH PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya pada kesempatan tersebut menyampaikan rangkaian acara perayaan Hari Suci Nyepi tahun Saka 1946/ 2024 Masehi. Pada kesempatan tersebut Wisnu Bawa menyampaikan harapan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat hadir pada perayaan Puncak Rangkaian Hari Suci Nyepi

"Kehadiran kami kesini ingin menyampaiakan beberapa rangkaian acara perayaan Nyepi Tahun Caka 1946/ 2024 masehi. Untuk lengkapnya akan disampaikan langsung oleh Ketua Panitia," ungkap Wisnu di hadapan Pratikno. 

"Kami berharap Bapak Presiden berkenan hadir pada acara Dharma Santi Nasional tanggal 25 April," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Perayaan Nyepi Nasional, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia menyampaikan rangkaian acara. Salah satunya, pada tanggal 10 Maret 2024. 

"Kita telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti Makerti Ayuning Segara dan Melasti pada 02 dan 03 Maret lalu, Kemudian di tanggal 10 Maret ini, kami akan melaksanakan Tawur Agung di Prambanan, dan beberapa kegiatan lainnya seperti penanaman pohon, diskusi kajian candi Prambanan, baksos dan pengobatan gratis, Saka Yoga Festival di Candi Kedulan, donor darah, dengan puncak perayaan Nyepi yaitu Simakrama Nasional atau Dharma Shanti Nasional di Jakarta", tutupnya. 

Pratikno merespon positif kegiatan tahunan terbesar dari umat Hindu itu. Dirinya pun menyampaikan siap mendukung dan mengkordinasikan harapan dari panitia Perayaan Nyepi Nasional PHDI Pusat. 

"Terkait dengan acara tersebut, saya sudah barang tentu sangat mengapresiasi dan mendukung. Terkait dengan harapan panitia, saya sudah catat dan nanti saya akan bantu koordinasikan," ungkap Pratikno.

Turut hadir Sekum PHDI Pusat, I Ketut Budiasa, yang menyampaikan rencana kegiatan di IKN sebelum resmi ditempati dan digunakan, pembangunan Pura IKN dan juga melaporkan PHDI Pusat bersama Ormas Hindu Nasional turut serta menjaga dan mensukseskan pesta demokrasi/ Pemilu 2024, baik sebelum dan sesudah pemilu, seperti mendorong semua pihak menghormati hasil pemilu dan menyelesaikan permasalahan pemilu sesuai peraturan perundangan yang berlaku. 

Selain itu, hadir dalam audiensi tersebut Sekretaris Panitia Dharma Shanti Nasional Mangku Astono Candra Dana; Wakil Ketua Panitia Dharma Shanti Nasional Gede Narayana; Wakil sekretaris Panitia, Kolonel Nyoman Sukasana dan panitia lainnya I Wayan Kantun Mandara, D Sures  Kumar, Putu Asrinidevy, dan I Kadek Nova Semadi. (ns)