Cegah Petugas KPPS Tumbang, Polrestabes Semarang Beri Layanan Kesehatan

Proses pemeriksaan kesehatan oleh Kasidokkes Polrestabes Semarang AKP Indro Lukito beserta personelnya pada anggota KPPS, Kec. Semarang Tengah. Kamis (15/2/2024). (gemapos/Humas Polri)
Proses pemeriksaan kesehatan oleh Kasidokkes Polrestabes Semarang AKP Indro Lukito beserta personelnya pada anggota KPPS, Kec. Semarang Tengah. Kamis (15/2/2024). (gemapos/Humas Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kasidokkes Polrestabes Semarang AKP Indro Lukito beserta personelnya melaksanakan pemeriksaan kesehatan di tiga Kel. Brumbungan, Gabahan, Miroto Kec. Semarang Tengah. Kamis (15/2/2024).

Diketahui bahwa pelaksanaan pengecekan kesehatan tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan memastikan kesehatan terhadap seluruh petugas TPS/PPS yang melaksanakan tugas pemungutan suara.

Adapun pengecekan kesehatan tersebut dilakukan oleh pihak kepolisian di Kel. Berumbungan.

“Alhamdulillah, petugas yang kami periksa di Kel. Brumbungan sehat semua, namun kondisinya memang kelelahan,” ujar Kasidokkes Polrestabes Semarang AKP Indro Lukito, dikutip dari laman Humas Polri, Kamis (15/2/2024).

AKP Indro Lukito mengatakan bahwa sebelum hari pelaksanaan pencoblosan, pihaknya sudah memberikan layanan cek kesehatan kepada petugas KPPS. Kemudian untuk paska pelaksanaan pungut dan hitung, Polrestabes Semarang menilai petugas KPPS akan kelelahan. Apalagi kegiatan yang dilakukan dimulai dari pagi hingga malam.

“Pengecekan tensi dan pemberian multivitamin bagi petugas, dan kami sarankan istirahat terlebih dahulu bagi petugas yang terlihat lelah,” tambah AKP Indro Lukito.

Pada kesempatan yang sama, salah satu petugas KPPS Sigit Riyanto menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pihak kepolisian.

“Saya mewakili petugas KPPS pemilu tahun ini, mengucapakan terimakasih kepada Kapolri dan jajarannya atas layanan kesehatan dan dukunganya yang telah diberikan, kami merasa terjamin kesehatan dan keamanan selama pelaksanaan ini,” ujar Sigit

Perkembangan pengamanan Pergeseran kotak suara hingga pukul 12.00 WIB termonitor dari posko Presisi Polrestabes Semarang, untuk logistik kotak suara belum sepenuhnya terkumpul di tingkat PPS.

“kondisi pergeseran kotak suara hingga saat ini masih 85% dari TPS ke PPS,” ujar Kaposko Ipda Andi Suwarno.

“Kami sedang melakukan monitoring penggeseran dan pengamanan kotak suara untuk menjamin keamanan surat suara sampai ke penghitungan pusat,” tandasnya. (kt)