Polri-TNI Amankan Rute yang Dilalui Ma'ruf Amin di Jember

Apel gelar pasukan pengamanan kedatangan Wapres Ma'ruf Amin yang digelar di alun-alun Jember, Jawa Timur, Selasa (5/12/2023). (foto: gemapos/antara)
Apel gelar pasukan pengamanan kedatangan Wapres Ma'ruf Amin yang digelar di alun-alun Jember, Jawa Timur, Selasa (5/12/2023). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Aparat Gabungan Kepolisian dan TNI mengamankan sepanjang rute yang dilalui oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (6/12).

"Kami sudah menyiapkan personel seluruh jajaran sekitar 450 orang untuk melakukan pengamanan di sepanjang rute yang dilalui dan lokasi yang akan dikunjungi wapres," kata Kapolres Jember AKBP Moh. Nurhidayat.

Nurhidayat mengatakan pengamanan kegiatan internal merupakan kewenangan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena tugas pengamanan Polres membantu pengamanan yang berada di ring 2 dan 3, sedangkan di ring 1 tetap Paspampres.

"Pengamanan jalur di sejumlah titik yang telah disepakati oleh Paspampres dan lokasi di luar kegiatan, sehingga kami mengamankan kedatangan wapres dari Bandara Notohadinegoro menuju Pendapa Wahyawibawagraha untuk transit, kemudian ke PT Imasco di Puger," kata dia.

kemudian, ia mengimbau masyarakat untuk lebih bersabar ketika ada rombongan wapres melintasi sejumlah ruas jalan karena ada pengawalan depan dan belakang dengan prosedur pengamanan VVIP.

"Kendaraan masyarakat yang akan melintas di jalur yang dilalui wapres akan dihentikan selama beberapa saat dan secepatnya akan dibuka setelah rombongan tersebut melintas," kata Nurhidayat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jember Agus Wijaya mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk mengatur lalu lintas di sepanjang rute yang dilalui oleh Wapres Ma'ruf Amin.

"Ada puluhan personel Dishub yang akan membantu pengamanan rute mulai dari Bandara Notohadinegoro menuju Pendapa Wahyawibawagraha dan melanjutkan ke PT Semen Imasco Asiatic di Kecamatan Puger," ujarnya.

Adapun sesuai prosedur pengamanan rute VVIP, akses jalan yang akan dilalui rombongan wapres akan ditutup sekitar 30 menit sebelum rombongan akan melintas di sejumlah ruas jalan tersebut.

Sementara itu, menurut pantauan di lapangan, personel gabungan sudah bersiaga sejak pagi untuk mengamankan di sejumlah titik ruas jalan yang dilalui wapres yakni dari bandara yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung hingga ke PT Semen Imasco di Kecamatan Puger.(ri)