Ma'ruf Amin Sebut Pengusaha Muda Jadi Komponen Penggerak Perekonomian

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam acara Peresmian Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sharia Conference 2022
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam acara Peresmian Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sharia Conference 2022

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan pengusaha muda yang memiliki daya juang tinggi merupakan salah satu komponen penggerak utama perekonomian di masa pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Peresmian Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sharia Conference 2022, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, hari ini (29/3/2022).

"Kita memerlukan setidaknya tiga hal untuk menggerakkan perekonomian yaitu pengendalian pandemi, kebijakan yang akomodatif, serta pengusaha pejuang, seperti HIPMI. Ketiganya harus kita sinergikan," kata Wapres.

Selain itu, dalam pengendalian pandemi Wapres mengatakan pemerintah terus mengupayakan vaskinasi sebagai upaya menciptakan kekebalan komunal.

Sedangkan untuk kebijakan akomodatif yang inklusif, Wapres menekankan pentingnya peran ekonomi dan keuangan syariah dalam pemulihan ekonomi.

"Ekonomi dan keuangan syariah yang kita harus utamakan dalam perekonomian nasional, tidak tidak luput dari konteks tantangan global. Potensi besarnya harus dapat kita manfaatkan sebagai daya ungkit perekonomian seperti populasi dan demand, serta halal lifestyle yang makin membumi di Indonesia dan belahan dunia lainnya," katanya.

Ia juga menyampaikan Indonesia memiliki sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah seperti pertanian, makanan dan minuman halal, fashion Muslim, pariwisata yang ramah Muslim dan keuangan syariah.

Karena itu ia menekankan agar seluruh sektor tersebut, tidak hanya bertahan tapi mampu menyangga ekonomi Indonesia selama pandemi.

Terakhir, terkait keberadaan pengusaha muda sebagai penggerak perekonomian, Wapres menekankan pentingnya pemahaman dan kejelian untuk memanfaatkan tantangan yang ada menjadi peluang-peluang baru.

"Demikian juga potensi besar ekonomi dan keuangan syariah, di tangan saudara-saudara sekalian niscaya akan menjadi lentera yang menerangi langkah pembangunan ekonomi di masa yang akan datang," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Wapres mengajak para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI untuk mulai membangun usaha sesuai kaidah-kaidah pada berbagai sektor unggulan.

Ia berharap akan ada sumbangan HIPMI ke depan dalam mendorong kemajuan ekonomi dan keuangan syariah.(ant/ap)