Pemprov DKI Tanam 2.000 Pohon, Wujudkan Jakarta Kawasan Rendah Emisi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama seluruh jajaran  Sambut Hari Tanam Pohon tahun 2023 dengan menanam 2.000 pohon di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (27/11). (foto:gemapos/DKI Jakarta)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama seluruh jajaran Sambut Hari Tanam Pohon tahun 2023 dengan menanam 2.000 pohon di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (27/11). (foto:gemapos/DKI Jakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Sambut Hari Tanam Pohon tahun 2023 dengan menanam 2.000 pohon di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (27/11).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa penanaman pohon ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Momentum Hari Menanam Pohon Indonesia yakni Selasa (28/11) adalah tonggak pencapaian dalam menargetkan Jakarta sebagai kawasan rendah emisi.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung upaya penghijauan kawasan serta tercapainya ‘net zero emission’ pada tahun 2060 di Jakarta. Karena itu, pada pagi ini, kita menanam pohon buah-buahan, diantaranya pohon jamblang, nangka, durian dan sirsak,” ujar Heru Budi Hartono.

Adapun Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kedaulatan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan penanaman 2.000 pohon ini sebagai bentuk upaya memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar.

Tanaman buah-buahan sengaja dipilih oleh Pemprov DKI agar bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi masyarakat, selain itu juga untuk mempercantik penataan kawasan.

“Apalagi, saat ini sudah masuk musim hujan sehingga cocok dijadikan musim bercocok tanam, terutamapohon buah,” ujar Suharini.

Suharini menyampaikan bahwa Heru Budi mengarahkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI untuk mengupayakan gerakan penanaman pohon di Jakarta.

“Arahan ini kita sesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ada di Dinas KPKP, dengan menggaungkan Gerakan Jakarta Menanam untuk ketahanan pangan,” lanjut Suharini.

Pemprov DKI Jakarta berharap semua elemen masyarakat terlibat dan bertanggung jawab bersama dengan pemerintah dalam menghijaukan Jakarta serta menjaga ketahanan pangan.

Diketahui dalam kegiatan penanaman pohon kali ini, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati serta tidak lupa Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar. (kt)