Tingkatkan Fungsi Waduk, Pj. Heru Tanam Pohon dan Sebar Benih Ikan di Waduk Jagakarsa

Pj. GubernurDKI Jakarta Heru Budi Hartono Bersama Kadin DKI Tanam Pohon dan Sebar Benih Ikan di Waduk Jagakarsa, Jakarta, Jumat (16/2/2024). (gemapos/BeritaJakarta)
Pj. GubernurDKI Jakarta Heru Budi Hartono Bersama Kadin DKI Tanam Pohon dan Sebar Benih Ikan di Waduk Jagakarsa, Jakarta, Jumat (16/2/2024). (gemapos/BeritaJakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono lakukan penanaman 50 pohon serta menebar 10.000 benih ikan di Waduk (Embung) Jagakarsa, Jakarta Selatan untuk meningkatkan fungsi waduk Kegiatan tersebut dilakukan secara sinergi bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, pada Jumat (16/2/2024).

“Hari ini kita menanam sekitar 50 pohon di sekitar Waduk Jagakarsa. Jenis pohonnya Tabebuya. Ini sinergi kita bersama Kadin DKI Jakarta, di mana mereka sudah menanam sekitar 1.000 pohon sejauh ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga sekitar," ujar Pj. Gubernur Heru Budi, dikutip Jumat (16/2/2024).

Diketahui bahwa sebanyak sepuluh ribu ekor benih Ikan Tawes dan Nila ditebar, setelah sebelumnya pada 14 Februari 2024 silam juga ditebar benih ikan dengan jumlah yang sama. Uji kualitas air sebelumnya telah dilakukan untuk mengecek kelayakan air yang akan dilakukan restocking.

Sebagai informasi, Restocking merupakan salah satu upaya menambah stok ikan di perairan umum, sehingga dapat meningkatkan keanekaragaman sumber daya ikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di perairan umum sebagai upaya pelestarian sumber daya perairan.

Pj. Gubernur Heru menjelaskan bahwa area Waduk Jagakarsa mempunyai luas sekitar 8.000 m² yang dapat menampung 17.000 kubik air. Waduk tersebut diharapakan dapat bermanfaat, terutama untuk mencegah genangan saat curah hujan tinggi di Jakarta Selatan. Pembangunan waduk lain juga masih terus diupayakan untuk meminimalkan dampak musim penghujan.

"Jadi tahun ini kita akan membangun tiga embung di Jakarta. Salah satunya sudah terbangun di Jagakarsa. Tinggal dua lagi yang masih proses. Selain untuk menampung kebutuhan air bersih, juga sebagai pencegahan banjir," pungkas Pj. Gubernur Heru.

Adapun pihak yang turut mendampingi Pj. Gubernur Heru yakni Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah, Kepala Dinas Taman dan Hutan Kota DKI Bayu Meghantara,Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Suharini Eliawati, Plt. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Ika Agustin, Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) DKI Marulina Dewi, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, serta Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi. (kt)