Heru Tanam 200 Pohon di TPU Waduk Cipayung Untuk Jaga Kualitas Udara Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di TPU Waduk Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). (foto: gemapos/antara)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di TPU Waduk Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Wijaya Karya (WIKA) Group menanam 200 pohon aneka jenis dan menebarkan 10.000 benih ikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Waduk Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/11).

Melalui siaran persnya di Jakarta pada Jumat, Heru mengatakan hal tersebut sebagai upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kualitas udara.

"Lahan punya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Di lahan ini, ada TPU, waduk, dan taman. Semuanya bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Pembangunannya sudah selesai, nanti tinggal dirapikan saja sedikit-sedikit. Waduknya dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta," katanya. 

Kemudian Heru menjelaskan, pihaknya mengapresiasi WIKA Group yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Tak hanya WIKA Group Pj Gubernur juga bersinergi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, serta Pemkot Administrasi Jakarta Timur.

Sementara itu, TPU Waduk Cipayung memiliki luas sekitar 2,7 hektare. Di lokasi tersebut, terdapat waduk seluas 4.738 meter persegi dan Panti Dinas Sosial seluas 645 meter persegi.

Kemudian, selebihnya akan digunakan sebagai TPU dan taman. Penanaman pohon dan pembangunan waduk ini, kata Heru, menjadi pengendali banjir di tiga RW yang berada di sekitar Kecamatan Cipayung.

Ia mengatakan, diharapkan saat musim hujan datang, banjir dapat dikendalikan di Kecamatan Cipayung. Heru pun mengajak seluruh pihak terus melakukan penghijauan secara masif karena keberadaan pohon, selain untuk menjaga kualitas udara, juga dapat mencegah banjir.

Meski demikian, Heru tak merinci berapa anggaran untuk membangun TPU Waduk Cipayung itu, termasuk sumbernya.

Sebelumnya, DKI Jakarta pada Kamis (16/11) tidak menduduki sepuluh besar sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia, meskipun kualitas udara kota metropolitan ini masih masuk kategori tidak sehat.(ra)