Unik, 6 Negara Yang Hampir Tidak Pernah Merasakan Malam

Ilustrasi - Kanada menjadi salah satu negara yang hampir tidak pernah merasakan malam. (gemapos/antara)
Ilustrasi - Kanada menjadi salah satu negara yang hampir tidak pernah merasakan malam. (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jika di Indonesia siang hari dilalui dalam 12 jam dan malam hari 12 jam, ternyata ada beberapa Negara yang bahkan tidak pernah merasakan malam hari penyebabnya karena matahari tetap bersinar selama 24 jam.

Diketahui bahwa hal tersebut adalah sebuah fenomena yang bisa berlangsung dari hari ke hari, tergantung pada titik koordinat lintang di mana Negara tersebut berada. Jika suatu Negara semakin dekat denga kutub maka siang hari akan lebih lama.

Negara yang tidak mengalami malam bukan berarti tidak merasakan gelap, namun dibeberapa waktu tertentu, Negara tersebut akan mengalami malam dengan disinari oleh matahari. Atau dalam istilah matahari tengah malam.

Adapun faktor yang dapat mempengaruhi intensitas matahari tengah malam yakni kedekatan posisi atau letak Negara tersebut dengan kutub utara, awan serta kabut.

Berikut adalah daftar Negara yang hampir tidak memiliki malam karena matahari tetap bersinar yaitu :

1. Norwegia

Norwegia adalah Negara yang terletak di Lingkaran Arktik atau yang sering disebut land of the midnight sun. Negara ini disebut sebagai Negeri matahari tengah malam, karena dari Bulan Mei hingga akhir Bulan Julia tau selama kurang lebih 76 hari, matahari tidak akan terbenam di Negara ini.

Durasi siang hari di Negara Norwegia yakni 22 jam di musim panas, sedangkan waktu malam hanya berkisar 2 jam saja.

2. Alaska

Negara Alaska hampir tidak pernah mengalami malam pada akhir Bulan Mei hingga Bulan Juli. Hal ini terjadi karena matahari tidak terbenam di sana. Saat musim panas, waktu siang di salah satu kota di Alaska yakni Fairbanks mencapai 21 jam 50 menit, yang artinya waktu malam hari hanya 2 jam 10 menit.

3. Kanada

Kanada memiliki wilayah yang bernama Nunavut,  wilayah Barat Laut Kanada yang terletak sekitar dua derajat di atas Lingkaran Arktik. Selama musim dingin turun maka selama 30 hari tempat ini dapat melihat matahari dengan kegelapan total tanpa tenggelam.

4. Islandia

Isladia juga dikenal sebagai Negara yang tidak memiliki banyak nyamuk. Selama musim panas berlangsung malam akan tetap cerah, namun pada musim dingin akan sebaliknya, Negara Islandia akan bener-bener gelap selama 24 jam. Islandia mengalami malam terlama di awal bulan Juni karena matahari hanya terbit selama 3 jam.

5. Swedia

Dari awal Bulan Mei hingga akhir Bulan Agustus, Negara Swedia bisa melihat matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit sekitar pukul 4 pagi. Periode waktu sinar matahari yang lama ini dapat berlangsung hingga enam bulan dalam setahun. Jadi ketika di sana, seseorang dapat menghabiskan hari-hari yang panjang dengan melakukan aktivitas karena hampir tak ada malam.

6. Finlandia

Sebagian besar wilayah di Finlandia dapat melihat matahari selama 73 hari di musim panas atau tanpa adanya malam. Namun sebaliknya, selama musim dingin wilayah ini tidak akan bisa melihat sinar matahari. (kt)