Berikut Fakta Menarik Jelang Laga Indonesia vs Palestina

Skuad Timnas Indonesia (Foto: PSSI)
Skuad Timnas Indonesia (Foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023) malam pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia bakal menghadapi tantangan yang tak mudah di FIFA Matchday kali ini. Skuad besutan Shin Tae-yong menduduki peringkat ke-149, sementara Palestina berada di posisi ke-93.

Duel melawan Palestina sekaligus menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia sebelum menjajal kekuatan tim juara dunia. Ya, Argentina akan menjadi lawan berikutnya di Jakarta pada Senin (19/6/2023).

Ada hal menarik yang membungkus pertemuan antara Timnas Indonesia kontra Palestina, termasuk rekor pertemuan, dan faktor di luar lapangan. Berikut ini sejumlah fakta unik yang wajib anda ketahui dari pertandingan kedua tim nanti.

Pertemuan Ketiga

Pertandingan nanti akan menjadi yang kedua bagi Timnas Indonesia dan Palestina di level senior. Uji coba pertama kedua kesebelasan terjadi pada 22 Agustus 2011 atau hampir 12 tahun silam.

Laga itu digelar di Stadion Manahan, Solo dan Timnas Indonesia menang telak 4-1. Palestina unggul terlebih dulu 1-0 melalui Suleiman Obaid di menit ke-48.

Timnas Indonesia menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-65 melalui Hariono. Tim Merah Putih berbalik unggul 2-1 saat pertandingan memasuki menit ke-70 melalui Cristian Gonzales yang memanfaatkan umpan dari M.Ridwan.

Bambang Pamungkas mencetak dua gol terakhir Indonesia, masing-masing di menit ke-78 dan ke-85. Berselang satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 22 Mei 2012 Indonesia kembali berkesempatan menghadapi Palestina di Al-Nakbah International Tournament, namun giliran Palestina yang menang dengan skor 2-1.

Mohammed Rashid Serasa Pulang Kampung

Gelandang Timnas Palestina, Mohammed Rashid, mengaku sangat senang kembali ke Indonesia. Dia dijadwalkan akan bertarung melawan Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Rashid mengaku terkesan berkesempatan kembali ke Indonesia. Dia bisa dibilang jadi satu-satunya pemain Palestina yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Maklum saja, Rashid tercatat pernah membela Persib Bandung di Liga 1 2021/2022.

“Saya sangat senang, rasanya seperti ke rumah lagi. Alhamdulillah. Tentu untuk pertandingan melawan Indonesia, kami datang untuk pertandingan,” ungkap Mohammed Rashid setelah latihan.

Gelandang berusia 27 tahun itu sempat menjalani musim yang mengesankan di Maung Bandung. Dia mampu menyumbang enam gol dalam 27 laga dan menjadi motor permainan Persib.

Dibalut Rasa Kemanusiaan

Duel antara Timnas Indonesia versus Palestina dibalut dengan kampanye kemanusiaan. Diketahui Indonesia merupakan satu di antara negara yang menginginkan Palestina merdeka.

Ketua PSSI, Erick Thohir menegaskan bahwa laga ini akan menjadi salah satu bentuk nyata sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina. Erick mengatakan Indonesia tetap konsisten dalam mendukung Palestina. Hal ini selaras dengan komitmen Indonesia bahwa kemerdekaan merupakan hak bagi seluruh bangsa.

"Ini pertandingan yang penting bagi Timnas dalam meraih poin, tapi juga ada hal yang sangat penting, ini adalah persahabatan antara dua negara," ujar Erick pada 6 Juni 2023.

"Saya, Pak Wali Kota Surabaya, para Exco PSSI memutuskan seluruh penjualan tiket nanti, 10 persen, kita akan sumbangan untuk perjuangan rakyat Palestina yang hari ini memang masih berjuang," ucap Erick.(da)