Jelang Porsche Sprint Challenge, Sejumlah Pembalap Mulai Jajal Sirkuit Mandalika

Ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 digelar si Sirkuit Mandalika, putaran pertama pada 8-10 Desember 2023. (gemapos/Antara)
Ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 digelar si Sirkuit Mandalika, putaran pertama pada 8-10 Desember 2023. (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 8 hingga 10 Desember 2023. Sejumlah pembalap yang akan berlomba mulai mencoba lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Para pembalap sudah mulai mencoba Sirkuit Mandalika, karena rangkaian acara ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia tanggal 8-10 Desember 2023 telah mulai dari kemarin,” kata Panitia ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia, Kamis (7/12/2023).

Adapun kendaraan yang digunakan dalam ajang ini yakni mobil Porsche 911 GT3 Cup. Sedangkan ajang Porsche Sprint Challenge tersebut akan digelar sebanyak tiga kali yaitu pada 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024, dan 26-28 Januari 2024.

Rangkain acara balapan tersebut terdiri dari Sprint Race selama 30 menit dan Endurance Race dengan durasi 45 menit. Sebanyak 10 mobil Porsche 911 GT3 Cup juga telah disiapkan di Sirkuit Mandalika dan siap untuk diadu cepat dalam putaran perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023.

“Kontrak ajang balap ini sampai 2026 mendatang, namun masih bisa berlanjut jika ajang ini sukses digelar di Mandalika,” lanjutnya.

Diketahui bahwa ajang Porsche Sprint Challenge ini adalah ajang balap mobil pertama yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Pihak panitia ajang  balap mobil ini sangat mengapresiasi Injourney yang telah mendukung ajang balap mobil tersebut digelar. Ajang ini cukup bergengsi, sehingga diharapkan mampu mendukung pengembangan motor sport di Sirkuit Mandalika.

“Ajang ini bisa mendukung promosi pengembangan pariwisata di KEK Mandalika dan Sirkuit Mandalika,” ujarnya kembali.

Selain sebagai ajang promosi untuk pariwisata, ajang ini juga diharapkan mampu memberikan dampak kepada ekonomi masyarakat dan memberikan peluang untuk para pembalap-pembalap asal Indonesia dalam meningkatkan kemampuan agar mampu bersaing di ajang balap mobil tingkat Internasional lainnya.

Sementara itu, pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ananda Nikola mengatakan bahwa ajang balap mobil ini bisa menjadikan Sirkuit Mandalika multifungsi, bukan hanya tentang motoGP tapi juga mampu menghadirkan ajang balap mobil lainnya.

“Ini bisa menjadikan Sirkuit Mandalika multifungsi,”ucap Ananda.

Ajang balap mobil ini bisa menjadi sejarah karena ini adalah momen pertama kali ajang balap mobil setara dengan balapan di Eropa dan Australia digelar di Indonesia.

“Ini terobosan yang baik dan bisa memberikan peluang bagi pembalap nasional untuk bisa balapan ditingkat Internasional,” katanya. (kt)