Pemerintah Sediakan Lapak Gratis Bagi UMKM di Ajang MotoGP Mandalika

Ilustrasi produk UMKM NTB
Ilustrasi produk UMKM NTB

Gemapos.ID (Jakarta) - Pada ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan lokasi strategis dengan lapak gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu dikatakan oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, H M Nursiah dalam keterangan di Praya, hari ini (11/2/2022).

"Pemerintah daerah sudah menghimpun data terkait jumlah UMKM yang akan menempati gerai pada ajang MotoGP Mandalika," kata H M Nursiah.

Ia menjelasakan bahwa lokasi gerai untuk UMKM lokal tersebut jauh lebih strategis dibanding lokasi saat World Superbike (WSBK) lalu. Ukurannya yang akan ditempati mulai dari 20x 20 meter dan 20 x 40 meter.

"Gerai itu nantinya akan menyesuaikan dengan kelompok UMKM yang ada," katanya.

Ia berharap pelaku UMKM bisa memanfaatkan kesempatan dan mempersiapkan segala sesuatunya, supaya selain memperoleh keuntungan, yang lebih penting lagi konsumen mendapatkan produk lokal yang berkualitas.

"UMKM lokal tidak dibebani biaya apapun. Karena semua biaya sewa ditanggung oleh pemerintah daerah," katanya.

Mulai saat ini pelaku UMKM harus mempersiapkan berbagai hal. Termasuk juga dengan menyiapkan produk andalan yang dikemas unik dan menarik. Agar para wisatawan atau penonton bisa tertarik dalam membeli produk yang kita tawarkan," kata dia.

"Mulai saat ini pelaku UMKM harus mempersiapkan berbagai hal. Termasuk juga dengan menyiapkan produk andalan yang dikemas unik dan menarik. Agar para wisatawan atau penonton bisa tertarik dalam membeli produk yang kita tawarkan," kata M Nursiah.

Seentara itu, Kadiskop UKM Nusa Tenggara Barat (NTB) Ahmad Masyhuri mengatakan ada beberapa lokasi UMKM yang disiapkan selama berlangsungnya MotoGP 2022. Pertama di Parkir Timur Sirkuit Mandalika, dan kedua di luar sekitaran sirkuit.

Tak kurang dari 1.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan dilibatkan dalam pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika.(ant/ap)