Presiden Jokowi Buka Acara Peresmian UMKM Expo (rt) Brilianpreneur

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo membukan acaran Peresmian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Expo(rt) Brilianpreneur di Jakarta Conventiob Center, Senayan  Kamis (7/12/2023).

“Saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pelaku dan mitra UKMKM yang telah menjadi penopang ekonomi nasional kita,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara Peresmian Pembukaan UMKM Expo (rt) Brilianpreneur, dikutip dari laman YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (7/12).

Diketahui bahwa 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi Indonesia didukung oleh UMKM. Selain itu, penyerapan tenaga kerja yakni 97 persen juga oleh UMKM.

Jokowi mengaku bahwa produk-produk yang ditampilkan oleh Brilianpreneur sangat menarik dan memiliki branding yang bagus. Namun, penampilan Expo dari Brilianpreneur perlu untuk diperbesar kedepannya.

“Memang UMKM kita harus terus naik kelas, harus Go Digital, Go Internasion, dan harus menguasai pasar lokal yang kita miliki karena pasar kita besar sekali. Tetapi juga tidak melupakan pasar expo dan pasar global,”lanjunya.

Adapun ekspor produk UMKM Indonesia berada di angka 15,7 persen, terpantau berada  di bawah negara Singapura yang memiliki angka 41 persen dan Thailand dengan angka ekspor yakni 29 persen.

Presiden Jokowi berharap agar setiap tahun produk UMKM selalu diperbaiki sesuai dengan permintaan pasar, dan trend pasar agar produk UMKM Indonesia selalu Up To Date dan bisa memenuhi selera pasar yang ada. (kt)