Miris, Berikut Fakta Unik Pelaksanaan SEA Games 2023

Foto kursi di locker room SEA Games 2023 (ist)
Foto kursi di locker room SEA Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelaksaan SEA Games 2023 di Kamboja diwarnai beberapa hal yang mengejutkan. Berikut uraian fakta-fakta 'miris' penyelenggaraannya.

SEA Games 2023 telah dimulai sejak, Jumat (5/5/2023). Sejumlah momen aneh turut mengiringi perjuangan kontingen Indonesia di multievent terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Berikut rinciannya.

Indonesia mengikuti 32 cabang olahraga dari 36 cabor yang dipertandingkan Kamboja, mulai 5-17 Mei ini. Indonesia sendiri sudah mengumpulkan 23 medali emas.

Akan tetapi, selama empat hari pertandingan sejumlah hal aneh tak luput dari penyelenggaraan SEA Games tahun ini. Momen itu pun secara langsung dirasakan oleh para atlet Merah Putih.

1. Penerangan Podium dengan Lampu Mobil

Pertama, penyerahan medali untuk pemenang podium di nomor jalan cepat 20 km putra. Kebetulan, Hendro Yap, menjadi atlet Indonesia yang sukses meraih medali emas.

Momen pengalungan medali dalam SEA Games 2023 pun terbilang aneh sebab dilakukan dalam kondisi gelap. Alhasil untuk menerangi podium, panitia penyelenggara menggunakan lampu mobil.

Momen itu pun sempat viral di lini masa sebab Kamboja dinilai tidak serius dalam mempersiapkan penyelenggaraan.

2. Kursi Plastik di Ruang Ganti dan Lomba Lari

Kedua, kursi plastik untuk meletakkan jersey para pemain. Momen ini juga cukup menjadi perhatian warganet.

Idealnya, tuan rumah menyediakan kursi khusus untuk menaruh pakaian atlet, tapi yang terjadi justru di luar perkiraan.

Banyak warganet yang menilai kursi yang biasa digunakan untuk kondangan tersebut tak layak untuk dipakai dalam multiajang internasional yang digelar dua tahun sekali tersebut.

Kursi plastik juga sempat muncul saat lomba marathon akan dimulai. Seperti dilihat dari akun @komisiwasit, Agus Prayogo dkk yang akan memulai lomba terlihat menunggu panitia saat akan menyalakan lampu LED.

Dalam video yang diunggah, terdengar jika Jakarta Marathon masih lebih baik ketimbang penyelenggaraan lomba maraton di SEA Games 2023 Kamboja.

Atas kejadian tersebut, warganet juga menilai bahwa Panpel tak cukup siap menggelar SEA Games.

3. Kamar Atlet Bocor Hujan Akibat Deras

Ketiga, kamar atlet tim bulutangkis Indonesia di perkampungan atlet yang bocor. Kamar itu sejatinya dihuni Komang Ayu Cahya Dewi, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Kamar tersebut berada di lantai 3 Wisma Atlet, Kamboja. Manajer Tim Eddy Prayitno menyebut jika pihaknya telah melaporkan kondisi kebocoran tersebut kepada Cluster Manager.

"Bahwa benar ada satu kamar di lantai tiga yaitu kamar dari Komang, Stephanie dan Mutiara yang mengalami kebocoran karena hujan deras yang melanda Phnom Penh sejak sore tadi," kata Eddy dalam rilis PBSI, kemarin.

"Kami langsung melaporkan ke Cluster Manager dan langsung ditangani dengan cepat. Saat ini, sedang dilakukan perbaikan pada plafon kamar tersebut dan sedang disiapkan kasur baru untuk ditempatkan di kamar sebelahnya."

"Para atlet juga sudah kami tenangkan dan kami imbau untuk tetap fokus mengingat besok ada pertandingan. Ini memang force majeure saja," tambahnya.

4. Venue Tanpa AC dan Ruang Ganti

Keempat, Timnas basket 3x3 putri mendapat fasilitas minim di SEA Games 2023. Dari mulai venue tanpa AC hingga tak tersedia ruang ganti dan ruang tunggu.

Penanggung jawab Timnas 3x3 putri Christopher Tanuwijaya, yang mengungkapkan kondisi timnya tersebut. Ia menyebut jika selama pertandingan, ruang ganti dan ruang tunggu ditiadakan oleh pihak penyelenggara.

"Kami sudah sewa mobil. Jika diperlukan, kita bawa pemain keluar dulu supaya tidak menunggu kepanasan di tribun yang tanpa AC (Air Conditioner)," kata Christopher, dalam laman Perbasi.

5. Bendera Indonesia Terbalik

Kelima, bendera Merah Putih milik Indonesia terbalik saat pre-show, Jumat (5/5). Seperti diketahui, Opening Ceremony SEA Games bergulir pukul 19.00 waktu setempat.

Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan diinformasikan untuk datang lebih cepat sebelum acara dimulai. Dalam jeda waktu tersebut, event organizer menyuguhkan pre-show sebelum dimulainya opening ceremony yang ditayangkan langsung di kanal YouTube.
Sayangnya, ada kejadian kurang mengenakkan bagi Indonesia. Bendera Merah-Putih sempat ditampilkan dalam kondisi terbalik. Terkait insiden tersebut, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun. Tuan rumah pun langsung bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.

Menpora Kamboja Naron juga telah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada Menpora Dito Ariotedjo. Naton berjanji langsung mengevaluasi dan menindak tegas.

6. Manusia Jadi Tiang Bendera

Pengibaran bendera saat penyerahan medali di SEA Games 2023 juga berbeda dari biasanya. Di sana, tiangnya digenggam oleh manusia. Momen itu juga sudah diunggah detikcom via Instagram.

Petugas yang memegang tiang bendera itu berseragam militer lengkap. Dalam suatu momen pengalungan medali, pengibaran bendera tak berjalan mulus karena ada tali yang berfungsi sebelah.(da)