4 Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Thai Tea Secara Berlebihan

Minuman Thai Tea (Foto: Gemapos/Orami)
Minuman Thai Tea (Foto: Gemapos/Orami)

Gemapos.ID (Jakarta) – Thai Tea salah satu minuman yang berasal dari Thailand. Minuman ini menjadi salah satu yang banyak disukai oleh sebagian orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Minuman Thai Tea memang bisa menjadi salah satu minuman penyegar dahaga saat siang hari. Namun, tidak baik jika mengkonsumsi secara berlebihan. Karena, dapat mengakibatkan dampak negative bagi kesehatan tubuh.

Menurut halodoc, berikut dibawah ini beberapa dampak negative bila mengkonsumsi Thai Tea secara berlebihan:

1.      Memicu Tumbuhnya Jerawat

Jika, mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan jerawat akibat kandungan gula yang ada di dalam minuman tersebut.

Selain itu, mengkonsumsi gula secara berlebihan juga dapat mengakibatkan penyakit yang cukup serius, seperti penyakit gula.

Karena, makanan atau minuman yang manis bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

2.      Dapat Menimbulkan Kecanduan

Mengkonsumsi thai tea secara berlebihan juga dapat menyebabkan kecanduan, kondisi tersebut bisa terjadi karena kandungan kafeinnya.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti lelah, lesu, hingga mudah tersinggung. Bahkan, jika mengalami kondisi tersebut bisa menyebabkan kekurangan tingkat energi.

3.      Dapat Menimbulkan Insomnia

Minuman thai tea juga mengandung kafein, seperti minuman kopi dan teh. Zat tersebut bisa menyebabkan gangguan tidur atau menjadi insomnia.

Ada beberapa peneliti yang menunjukkan kalau kafein bisa mengakibatkan terjadinya penghambatan produksi hormon melatonin. Hormon melatonin berfungsi memberikan sinyal waktu tidur pada otak.

Oleh karena itu, jika produksi hormon melatonin terganggu, kualitas tidur seseorang bisa menjadi berantakan.

4.      Perut Menjadi Kembung

Kandungan kafein yang ada pada thai tea juga dapat menyebabkan kembung pada sebagian orang.

Kelebihan kafein pada tubuh juga dapat menyebabkan dehidrasi, jika tubuh mengalami dehidrasi, tentu saja tubuh memerlukan retensi air hingga perut menjadi kembung.

Kandungan susu pada minuman tersebut juga perlu diwaspadai, karena sebagian orang memiliki perut sensitive terhadap kandungan laktosa. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan masalah pencernaan seperti kembung, kram perut, hingga diare. (na)