36 Pasien Pasien Cacar Monyet Sembuh dari Total 59 Kasus

Ilustrasi - Sebanyak 36 pasien cacar monyet atau Mpox dinyatakan sembuh dari total 59 kasus penularan cacar monyet di Indonesia. (gemapos/Halodoc)
Ilustrasi - Sebanyak 36 pasien cacar monyet atau Mpox dinyatakan sembuh dari total 59 kasus penularan cacar monyet di Indonesia. (gemapos/Halodoc)

Gemapos.ID (Jakarta) – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI menginformasikan pasien cacar monyet atau Mpox yang sudah sembuh bertambah menjadi 36 pasien, total kasus penularan cacar monyet di Indonesia saat ini adalah 59 kasus.

“Total itu 59 (kasus) ya dnegan 36 sembuh,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa (28/11/2023).

Diketahui bahwa seluruh pasien kasus cacar monyet atau Mpox saat ini adalah laki-laki, pihak Kemenkes belum menemukan adanya kasus yang dikonfirmasi terjadi pada wanita.

Adapun beberapa waktu lalu, seorang pasien cacar monyet dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo(RSCM) Jakarta. Terkait hal tersebut Kemenkes mengonfirmasi bahwa kematian tersebut cenderung disebabkan oleh penyakit bawaan pasien yang lebih berat.

Nadia mengatakan bahwa pasien yang sebelumnya dalam kondisi parah, saat ini kondisinya telah membaik.

“Yang berat terus membaik karena sudah mendapatkan obat untuk virusnya,” lanjutnya.

Sebagai informasi bahwa Kemekes mulai melakukan vaksinasi cacar monyet dosis kedua dengan target 498 orang yang sebelumnya telah menerima vaksin dosis pertama.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan bahwa pihak Kemenkes juga tengah melakukan pembelian 4.000 dosis Mpox guna mengantisipasi adanya estimasi kasus yang dapat mencapai lebih dari 3.000 kasus pada tahun ini.

“Nanti di Bulan Desember minggu kedua atau ketiga itu akan ada, jadi sesuai dengan estimasi jumlah kasus Mpox kita,” ujarnya kembali.

Tidak lupa Nadia turut mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir akan penyakit Mpox, karena penyakit tersebut tidak seperti COVID-19 yang memiliki kemampuan penularan yang cepat. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) maka kita bisa terhindar. (kt)